Raskin 2009

Jumlah Rumah Tangga Miskin Menurun

VIVAnews - Jumlah rumah tangga miskin (RTM) yang berhak mendapatkan beras miskin (raskin) tahun 2009 diperkirakan lebih sedikit dibandingkan tahun ini.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Penurunan jumlah tersebut didapatkan dari hasil sementara rapat kerja pemerintah dengan panitia anggaran berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

"Tahun depan hanya 18,5 juta RTM yang menerima raskin," kata Direktur Utama Perum Bulog Mustafa Abubakar di kantornya, Selasa, 18 November 2008.

Sedangkan tahun ini, penerima raskin ditetapkan sejumlah 19,1 juta RTM.

BPS melansir terjadi pengurangan 1-2 juta rumah tangga yang dikategorikan hampir miskin pada 2009. "Mereka naik level menjadi rumah tangga yang dikategorikan mampu," kata Mustafa.

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Namun, kata Mustafa, angka tersebut belum final mengingat krisis global akan berpengaruh pada daya beli masyarakat. "Bisa jadi justru bertambah. Nanti, menteri koordinator kesejahteraan rakyat yang akan memutuskan," tambahnya.

Menurut Mustafa, keputusan akan difinalisasi pada awal Desember 2008. Sedangkan anggaran raskin 2009 diperkirakan sama dengan tahun ini sebesar Rp 12,9 triliun. Angka tersebut berdasarkan asumsi harga jual Rp 5.500/kilogram (kg) dengan kuantum beras sebesar 3,33 juta ton dan akan diberikan masing-masing 15 kg pada 18,5 juta rumah tangga sasaran selama 12 bulan dengan harga Rp 1.600/kg.

Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Polri membongkar penyelundupan narkoba yang melibatkan dua pegawai maskapai Lion Air. Hal ini terungkap usai menangkap seorang kurir.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024