Laporan dari Libanon

TNI Sematkan Medali Kepada Portugal

VIVAnews - Pasukan TNI menjadi satu-satunya Kontingen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas di Lebanon dengan masa penugasan selama 1 tahun. Satuan Tugas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-B akhirnya mendapatkan pengakuan dari seluruh kontingen negara, atas keberhasilan dan kesuksesan.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVAnews dari Pusat Penerangan TNI, Badaruddin Bakri Akbar, pada Kamis, 19 November 2008, salah satu bentuk pengakuan itu terbukti sewaktu upacara penganugerahan Medali PBB untuk Tentara Portugal di Libanon.

Komandan Satgas Letkol Inf A M Putranto mendapat kehormatan dari Komandan Kontingen Portugal, untuk menyematkan medali PBB kepada para Perwira Portugal yang bertugas di Mabes UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon).

Peristiwa yang membanggakan ini terjadi pada saat Kontingen Portugal menyelenggarakan Upacara dalam rangka penganugerahan Medali PBB kepada anggotanya di lapangan upacara Base Camp Kontingen Portugal UN Posn 2-31 di Al Bayyadah. Dalam upacara itu, setelah dilakukan penyematan medali oleh Force Commander/ FC (Panglima) UNIFIL, Deputy Force Commander/ DFC, Chief of Staff/COS dan Commander/CO Sector West, secara tak terduga Komandan Satgas Konga XXIII-B Letkol Inf A M Putranto, didaulat dan diberi kehormatan oleh Komandan Kontingen Portugal Letkol Jorge Caetano.

Putranto diberi penghargaan untuk menyematkan medali PBB kepada para Perwira Portugal dengan disaksikan oleh seluruh tamu undangan. Seusai acara penyematan medali, Komandan Kontingen Portugal menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Putranto atas kesediaannya untuk menyematkan medali kepada perwira Portugal.

Kontingen Garuda XXIII-B ini tergabung dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB di Libanon Selatan. TNI telah menjalin hubungan baik dengan kontingen negara-negara lain, baik yang berada di Sektor Barat maupun Timur, temasuk kontingen yang berada langsung di bawah komando Force Commander seperti QRF (Quick Reaction Force) Prancis. Kontingen Portugal bertugas sebagai Engineering Unit (Kontruksi) serta kontingen lainnya seperti Tanzania, Polandia, dan lain-lain.

Buah dari hubungan baik ini dapat dilihat dan dibuktikan dalam setiap kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan kontingen lain dimana Pasukan Garuda XXIII-B selalu mendapatkan respon positif. Sehingga, memudahkan dalam pelaksanaan dan pencapaian tugas pokok maupun tugas tambahan selama berada di Lebanon Selatan.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024