Jangan Biarkan Perpindahan Dana Bank

VIVAnews - Direktur Mandiri Sekuritas Mirza Adityaswara mengatakan dalam kondisi saat ini wajar jika terjadi perpindahan dana dari bank kecil ke bank besar. Dalam situasi krisis perlahan-lahan perpindahan itu akan terjadi.
 
"Itu fenomena normal yang terjadi, adanya flight to quality. Itu sebabnya kasihan kalau dibiarkan tidak baik, ada terjadi instabilitas. Sehingga timbul ide penjaminan," kata Mirza dalam acara press Gathering Bank Mandiri di Bandung, Kamis 20 November 2008.
 
Menurutnya ide penjaminan penuh memang ditakutkan akan menimbulkan moral hazard. Dia menyontohkan bank kecil yang pengelolaannya tidak baik akan menjadi tidak bermasalah. Namun dengan kondisi saat ini, yang menjadi korban adalah bank kecil yang pengelolaanya baik.
"Karena orang ingin menjadi lebih aman, kan dananya jadi pindah," katanya.
 
Dia mengatakan keputusan penjaminan penuh memang tidak mudah. Adanya flight to quality membuat masyarakat mengalihkan dana ke bank besar, sementara bank besar juga tidak mau meminjamkan likuiditas ke bank kecil. "Belum lagi moral hazard. Ini memang dilemanya, namun kasihan bank kecil yang mempunyai pengelolaan yang baik," tuturnya.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024