Maradona Dikejar Waktu

VIVAnews - Debut perdana Diego Maradona di Timnas Argentina memang berjalan mulus. Namun, Maradona bukan tanpa masalah.

Waktu yang sempit ditengarai jadi kendala utama sang legenda Argentina itu. Carlos Bilardo, pelatih Argentina saat menjuarai Piala Dunia 1986, menilai waktu satu setengah tahun yang dimiliki Maradona akan menjadi musuh utama sang pelatih. Maradona memang hanya punya waktu yang sempit sebelum Piala Dunia 2010 nanti di Afrika Selatan.

"Kami hanya mempunyai waktu kurang dari 18 bulan karena terpotong hari libur yang harus kami hormati," ujar Bilardo seperti dilansir Reuters, Jumat, 21 November 2008.

Lontaran Bilardo, yang kini menjabat direktur umum Timnas Argentina itu, bukan tanpa alasan. Bilardo membandingkan waktu yang dimiliki Maradona dengan pengalamannya saat mengantarkan Tim Tango ke final PD 1986 dan 1990.

Bilardo (69 tahun) kini bereuni dengan Maradona (48 tahun) di Tim Tango. Maradona jadi kapten Argentina yang dibesut Bilardo di PD 1986 dan 1990.

"Pada 1986, kami mempunyai waktu empat tahun. Di sana juga ada pemain-pemain muda seperti Oscar Ruggeri yang sudah bisa langsung bermain bagus," tambah Bilardo.

Ruggeri adalah kapten Argentina saat menjuarai Copa America 1993. Sayangnya, Ruggeri juga menjadi bagian dari masalah Maradona. Sebelumnya, hubungan Maradona dengan presiden Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Julio Grondona sempat memanas.

Permintaan Il Pibe de Oro menjadikan Rugerri sebagai asisten pelatih ditolak Grondona. Maradona bahkan diisukan akan meninggalkan kursi pelatih jika Grondona menolak. 

“Senin, 17 November 2008, Grondona sempat memanggil saya, dan menanyakan kondisi Diego. Saya bilang kepadanya, ia (Maradona) kelihatannya baik-baik saja. Esoknya, ia bicara dengan Maradona, juga saya," tambah Bilardo yang pernah memberikan coaching clinic di Indonesia ini dalam logat bicaranya yang khas, keras dan cepat.

Meski mengaku tak ingin ikut campur, namun Bilardo menegaskan kebutuhan asisten pelatih buat Maradona masih kurang. Saat menang 1-0 atas Skotlandia di Hampden Park, Maradona didampingi mantan rekan setimnya, Alejandro Mancuso dan Miguel Angel Lemme. Tapi, keduanya belum pasti dipertahankan.

Bermarkas di Eropa

Argentina tak main-main menyiapkan pasukannya ke PD 2010. Apalagi, Tim Tango dikejar waktu di tengah ambisi besar Bilardo untuk merebut trofi kali ketiga.

Untuk itu Bilardo berencana membuat kantor di Eropa. Apalagi, Maradona akan lebih banyak menghabiskan waktu di Eropa.

Ia akan sering menengok putri kesayangannya yang sedang hamil, Giannina. Giannina kini tinggal bersama sang tunangan yang juga striker Atletico, Sergio Aguero, di Madrid.

“Kami akan sering datang ke Eropa, sehingga juga harus bikin kantor di sana. Selain itu, hampir semua pemain juga tinggal di sini," kata Bilardo di Glasgow sebelum kembali ke Buenos Aires.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024