Saat Si Kecil Tumbuh Gigi

VIVAnews – Masa tumbuh gigi bisa membuat bayi atau buah hati Anda merasa tidak nyaman.  Tapi kondisi tersebut adalah proses alami pada masa pertumbuhannya dan tak perlu dikhawatirkan.

Dalam www.dentalfind.com dijelaskan, gigi pertama bayi umumnya tumbuh pada usia 6 bulan. Tapi bisa juga tumbuh sebelum atau sesudah usia tersebut. Hal itu tergantung faktor genetik dan gizi. Biasanya gigi pertama bayi tumbuh di tengah, bisa gigi atas atau pun bawah. Yang tumbuh belakangan adalah geraham.

Pada saat proses tumbuh gigi, bayi menjadi lebih rewel. Tingkat emosionalnya menjadi tidak stabil, ia juga moody dan gampang tersinggung. Masa istirahatnya pun sering terganggu karena ia sulit tidur dan sering terbangun di malam hari.

Yang mungkin paling mengkhawatirkan para ibu adalah ketika bayi menjadi susah makan. Proses tumbuh gigi membuat gusi dan mulutnya sakit sehingga ia tak bernafsu makan.

Banyak mitos salah mengenai tumbuh gigi yang beredar. Misalnya saja bayi pasti mengalami demam saat tumbuh gigi. Menurut Michel Cohen, seorang dokter anak dari New York, tumbuh gigi tidak menyebabkan demam. Tidak ada penjelasan secara fisiologis yang menerangkan hubungan kedua hal tersebut. Kemungkinan demam terjadi karena bayi menggigit benda-benda yang tidak higienis sehingga menyebabkan infeksi di gusi.

Pada masa tumbuh gigi, bayi memang senang menggigiti barang-barang. Hal itu mereka lakukan untuk mengurangi rasa sakit di gusi akibat tekanan gigi yang akan tumbuh.

Berikut ini hal yang perlu Anda lakukan saat si kecil mulai tumbuh gigi.

- Untuk mengurangi rasa sakit di gusi, lakukan pemijatan pada gusi bayi dengan waslap yang dibasahi air hangat.
- Agar ia tak menggigit barang sembarangan, sediakan mainan khusus yang aman (bebas zat kimia berbahaya dan tidak melukai gusi). Rendam terlebih dahulu mainan dengan air panas untuk mematikan kuman dan bakteri.
- Saat giginya sudah mulai muncul, biasakan membersihkan gigi dengan sikat berbulu lembut setiap mandi, selesai makan, dan menjelang tidur. Hal ini akan melatihnya membiasakan diri menggosok gigi sejak dini.
- Sebelum buah hati Anda berusia dua tahun, menggosok gigi tak perlu menggunakan pasta gigi. Cukup menggunakan air hangat.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

MK bakal membacakan putusan sidang perselisihan pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024