Korupsi Depkumham

Direktur Utama PT Sarana Tersangka Baru

VIVAnews - Kejaksaan Agung segera mengumumkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek sistem administrasi badan hukum. Tersangka baru ini adalah orang yang paling bertanggung jawab di PT Sarana Rekatama Dinamika.

"Direktur Utama, dia yang paling bertanggung jawab," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Marwan Effendy, di Kejaksaan Agung, Selasa, 25 November 2008. Namun, Marwan masih belum mau mengungkapkan siapa yang dimaksudnya itu.

Seperti diketahui, perjanjian antara PT Sarana Rekatama Dinamika dan Koperasi Pengayoman Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia ditandatangani oleh pimpinan masing-masing lembaga. PT Sarana diwakili Direktur Utamanya, Yohannes Waworuntu, sedangkan dari pihak koperasi diwakili Ali Imran Djanah.

Menurut Marwan, dirinya tinggal menandatangani penetapan tersangka terhadap Direktur Utama PT Sarana itu. "Tinggal tanda tangan saja," ujarnya.

Dalam kasus ini, kejaksaan menduga negara telah dirugikan sampai Rp 400 miliar dari nilai total proyek 1,2 triliun. Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Syamsudin Manan Sinaga telah ditetapkan sebagai tersangka. Demikian juga dengan dua pendahulunya, Zulkarnain Yunus dan Romli Atmasasmita.

Kejaksaan juga telah menggeledah Kantor Sistem Administrasi Badan Hukum dan Koperasi Pengayoman. Dari dua tempat itu, kejaksaan menyita Rp 20,8 miliar. "Itu sisa uang proyek," ujar Marwan. Dari dua tempat itu, kejaksaan juga menyita dokumen-dokumen yang terkait dengan proyek sistem administrasi badan hukum.

Selain penyitaan, kejaksaan juga sudah memblokir lima rekening milik PT Sarana yang berada di Bank Danamon, serta rekening penampung kejaksaan di Bank Nasional Indonesia.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024