General Motors Indonesia Tidak Tutup

VIVAnews - General Motors Autoworld Indonesia selaku agen tunggal pemegang merk Chevrolet di Indonesia menyatakan diri tidak akan menutup kegiatannya di Indonesia.

Demikian hasil pertemuan pimpinan General Motor se-Asia Pasifik dan ASEAN beberapa waktu lalu yang disampaikan Managing Director GM Autoworld Indonesia Mukiat Sutikno di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 26 November 2008.

Namun, Mukiat memperkirakan tahun depan penjualan GM Indonesia akan turun sekitar 20 persen. "Karena diperkirakan industri otomotif akan turun penjualan sekitar 30 persen," katanya.

Meski GM Corporation beberapa waktu lalu telah menutup pabriknya di Thailand, Mukiat menyatakan pasokan produk ke Indonesia dan negara-negara lain mencukupi untuk penjualan hingga akhir tahun ini.

Terkait melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, GM Indonesia menyatakan belum akan menaikkan harga mobilnya dalam waktu dekat. "Sedang dikalkulasi waktu yang tepat, karena setelah harga dinaikkan tidak bisa diturunkan lagi," katanya. Kenaikan harga akan diberlakukan secara progresif.

GM Indonesia menepis kekhawatiran publik akan kebangkrutan dengan meluncurkan produk terbarunya, Chevrolet Cruze, dalam waktu dekat. "Itu komitmen bahwa GM masih komitmen di Indonesia dan akan tetap berada di sini," tambahnya.

Mukiat mengakui peluncuran produk ini berisiko tinggi mengingat permintaan yang semakin menurun. "Pasar otomotif AS saja turun drastis menjadi rata-rata 11 juta unit kendaraan per tahun dari pasar yang biasanya 19 juta unit plus Mexico dan Kanada," ujarnya.

Kalaupun permintaan pasar terus turun, Mukiat mengakui GM akan mengusahakan bridging loan. Terkait ditolaknya dana talangan atau bailout dari pemerintah AS. GM Corporation akan terus mengupayakan hal itu. "Saya yakin apapun yang dilakukan GM Corporation itu yang terbaik untuk jaringannya di berbagai negara," katanya.

Saat ini GM Corporation mempunyai 36 jaringan baik ATPM maupun manufaktur yang tersebar di seluruh dunia.

Hingga Oktober 2008, GM Autoworld Indonesia mencatat angka penjualan 2.302 unit kendaraan atau pertumbuhan 118,41 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Selain itu, GM Corporation memasukkan Indonesia sebagai salah satu dari 11 negara yang dianggap pemimpin pasar. "GM menganggap pasar Indonesia masih potensial," kata Mukiat.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi
Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Namun, ada beberapa makanan yang memengaruhi kulit seseorang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024