Tetap Fit Saat Datang Bulan

VIVAnews - Rasa nyeri sebelum dan saat haid banyak dialami oleh para wanita. Biasanya menjelang haid, muncul sakit perut, tubuh pegal-pegal, nyeri payudara, sering buang air kecil, hingga pusing kepala. Belum lagi mood yang berantakan. Hal itu sangat wajar.

Sebetulnya Anda bisa mengatasi tanpa harus mengonsumsi obat pereda sakit. Anda hanya perlu mengonsumsi vitamin, menjelang dan saat datang bulan tiba. Hal itu untuk menjaga ketahanan tubuh Anda. Sebelum dan saat haid, ketahanan tubuh cenderung menurun. Vitamin akan membantu tubuh Anda lebih fit dan terhindar dari sakit.

Kurangi konsumsi garam dan kafein. Kadar garam dan kafein dalam darah yang berlebihan bisa mempengaruhi hormon dan membuat mood Anda berantakan. Banyaklah mengonsumsi buah dan sayuran segar. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dan vitamin.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Saat datang bulan darah banyak yang keluar. Untuk itu mengonsumsi makanan seperti kerang, hati ayam atau sapi, dan sayur bayam akan sangat bermanfaat. Jangan sampai saat haid Anda merasa lemas karena kekurangan zat besi.

Selain mengonsumsi makanan sehat, saat haid Anda juga harus berolahraga. Dengan berolahraga tubuh akan terasa lebih fit. Rasa nyeri saat haid bisa berkurang jika Anda rajin berolahraga.

Saat nyeri dan mood sedang tidak baik, mandilah dengan air hangat. Dengan mandi air hangat akan membuat Anda lebih relaks. Setelah mandi minumlah secangkir teh hijau hangat. Manjakan tubuh Anda dan jangan pikirkan rasa nyerinya.

Menjelang tidur nyalakan lilin aroma terapi dengan aroma lavender. Aroma terapi lavender, dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri. Jika Anda memiliki lilin aroma terapi favorit nyalakan saja. Buatlah tidur Anda nyenyak. Sehingga keesokan harinya Anda tetap fit meskipun sedang datang bulan.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024