Menteri Pertanian Anton Apriyantono

"Pasokan Pangan Jangan Tergantung Asing"

VIVAnews - Menteri Pertanian Anton Apriyantono, menyatakan sebanyak 800 juta orang di dunia setiap tahunnya meninggal dunia akibat kelaparan. Bahkan permenitnya tercatat sebanyak 15 orang anak dan dewasa di negara berkembang meninggal dalam kasus serupa.

"Kalau hal ini masih tetap dibiarkan tanpa ada kebijakan ekonomi yang baik, maka diprediksi pada abad 21 sepertiga orang di dunia akan mengalami kemiskinan, bahkan terancam terjadinya kelaparan," ujar Mentan Anton Apriyantono usai menghadiri acara hari pangan sedunia XXVIII tingkat nasional tahun 2008, Rabu 3 Desember 2008, dilapangan Tega Lega Bandung.

Oleh karena itu, untuk mencegah semakin luasnya tingkat kelaparan khususnya di Indonesia maka program ketahanan pangan harus dilakukan dengan kontinuitas dan bertahap. "Program tersebut harus lebih memperhatikan kearifan lokal agar pasokan pangan ditiap daerah dapat berjalan dengan baik dan tidak tergantung negara lain,"  jelas Anton.

Tidak hanya itu, ketahanan pangan pula akan sangat berpengaruh terhdap pertumbuhan perekonomian. Maka dari itu kemandirian dan kesejehateraan petani menjadi prirotas dalam menjaga ketahanan pangan dan program utama yang harus didahulukan.

Laporan: Sigit Zulmunir/Bandung.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024