Tetap Hemat Saat Premium Turun

VIVAnews – Harga premium memang baru saja turun. Tapi kalau ada cara untuk bisa menghemat konsumsi bahan bakar, kenapa tidak dilakukan sekalian?

Inti dari menghemat pemakaian bahan bakar adalah mengemudi dengan efisen. Jangan pula terpancing saat mobil sebelah melakukan akselerasi mendadak dan meninggalkan Anda jauh di belakang. Santai saja. Selisih beberapa menit sampai ke tujuan bukan masalah yang serius kan? Ikuti tips di bawah ini. Dalam beberapa bulan Anda mungkin jadi punya dana untuk membeli barang lain yang sudah diincar lama.

Hindari mengemudi dengan agresif

Kebiasaan ‘gas pol’ kemudian mengerem habis-habisan bisa menjadikan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda lebih boros sekitar 40 persen. Cara yang benar adalah menekan pedal gas dengan perlahan. Biarkan RPM atau putaran mesin merambat naik dengan halus.

Jangan memanaskan mesin lama-lama

Mesin mobil zaman sekarang sudah dirakit dengan begitu presisi. Menyalakan mesin selama 30 detik sebelum berangkat ke kantor sebenarnya sudah cukup. Membiarkan mesin dalam posisi stasioner dalam waktu yang lama selain menghabiskan bahan bakar secara sia-sia, juga memperparah polusi udara.

Cek tekanan angin
Tekanan angin yang tepat akan mengurangi beban kerja mesin. Cek tekanan angin seminggu sekali. Ban tubeless lebih mudah kehilangan tekanan ketimbang jika kita masih memakai ban dalam. Ingat, ban bisa terlihat normal walau sebenarnya kekurangan tekanan. Baiknya Anda punya alat untuk mengecek tekanan angin di bagasi Anda. Harganya murah kok.

Pilih tingkat percepatan yang tepat
Mendaki tanjakan dengan gigi tinggi atau membiarkan mesin meraung dengan gigi rendah saat jalan lengang adalah sama buruknya. Manfaatkan tachometer di dashboard untuk memantau RPM. Kisaran 2500 hingga 3000 sudah pas. Responsif tapi tetap efektif.

Manfaatkan cruise control
Fasilitas ini biasanya hanya ada di mobil-mobil mewah. Bacalah sebentar buku manual Anda. Ajarkan penggunaan fasilitas ini kepada sang supir. Penggunaan cruise control saat melaju di jalan tol bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Parkir di tempat teduh
Suhu kabin yang kelewat panas saat Anda masuk mobil akan memaksa Anda memasang penyejuk udara dengan kekuatan maksimal. Membiarkan mobil terpanggang sinar matahari juga menyebabkan bahan bakar menguap lebih dari biasanya.

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat
Skin Age Detector

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk menyediakan perawatan kulit yang komprehensif, tidak hanya fokus pada aspek estetika atau kecantikan tapi juga kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024