Imbas Krisis Global

Darmin: Barang Konsumsi Tetap Disubsidi

VIVAnews - Pemerintah berjanji tetap mensubsidi barang konsumsi dalam negeri pada 2009. Produk-produk tersebut antara lain kedelai, terigu, dan minyak goreng.

Menurut Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution, subsidi tersebut diberikan dalam bentuk pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP). "Kita berikan subsidi hanya untuk barang konsumsi yang tidak di ekspor," kata dia di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, Senin, 8 Desember 2008.

Cara itu, kata dia, dipercaya dapat meningkatkan gairah industri dalam negeri yang ke depan diprediksi terkena dampak krisis. Selain itu untuk eskpor, Diektorat Pajak juga tidak akan mengenakan pajak pertambahan nlai. "Di semua negara, Eropa, Cina, juga Indonesia, PPN produk itu nol persen," ujar Darmin.

Sementara itu, Deputi Menteri Koodinator Perekomomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi mengatakan, pemerintah dalam menghadapi krisis berusaha keras untuk melindungi sektor riil. "Dalam APBN 2009, telah disiapkan dana Rp 10 triliun dan sebanyak Rp 1,5 triliun untuk stabilisasi pangan," ujarnya akhir pekan lalu di Departemen Keuangan.

Bayu menyebut, dana itu dipersiapkan sebagai bantalan menghadapi gejolak harga disaat krisis. Persoalan digunakan untuk apa dan bagaimana, ujarnya, dilihat nanti kebutuhannya pada 2009. "Di APBN sendiri kan belum ditetapkan, jadi itu fleksibel untuk digunakan pada program tertentu," jelasnya.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024