'Waspadai Modus Teror Mumbai'

VIVAnews - Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Bambang Hendarso Danuri melantik dua kepala kepolisian daerah baru yakni Inspektur Jenderal Alex Bambang Riatmojo sebagai Kapolda Jawa Tengah dan Kapolda Gorontalo, Brigadir Jenderal Sunaryono di Markas Besar Kepolisian Indonesia, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 10 Desember 2008.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Kapolri juga melantik Inspektur Jenderal FX Sunarno sebagai Deputi Bidang Koordinasi dan Informasi Kementerian Politik Hukum dan Keamanan

Serangan teroris di Mumbai yang menewaskan sedikitnya 195 orang, jadi cerminan. "Seperti Mumbai, kita harus antisipasi supaya modus serupa tidak terjadi," kata Bambang Hendarsodi Markas Besar Kepolisian. Polisi, tambahnya, harus responsif dan proaktif dalam menghadapi fenomena.

Polisi juga harus mengamankan sistem teknologi informasi. "Pastikan tidak ditembus hacker," kata Kapolri.  Situs Polri, tambahnya, juga diantisipasi dari tindakan destruktif.

Kapolri juga mengatakan salah satu tantangan polisi tahun 2009 adalah mengamankan proses pemilihan umum.  Dia meminta jajaran polisi mengantisipasi gangguan pemilu.

"Diharapkan mampu mengidentifikasi dan petakan kerawanan, kemampuan intelijen keamanan," kata Bambang Hendarso.

Menurutnya pimpinan polisi di daerah diharapkan mendeteksi sedini mungkin gangguan keamanan pemilu. "Pastikan anggota polisi netral," kata Kapolri.

Selain pengamanan pemilu, Kapolri meminta pimpinan kepolisian daerah mengidentifikasi titik-titik pelayanan yang rawan pungli. "Tindak tegas anggota yang melakukan penyimpangan," katanya.

Kapolda, kata Kapolri, adalah pimpinan wilayah strategis yang diharapkan memiliki komitmen dan integritas dalam menjalankan fungsi manajerial.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024