Google Menerjemahkan ke Bahasa Indonesia

Kabar gembira bagi pelajar dan mahasiswa yang sering mencari bahan pelajaran dan perkuliahan dari Internet. Aplikasi penerjemah teks berbasis web, Google Translate, kini bisa menerjemahkan berbagai bahasa, ke dalam bahasa Indonesia.

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Menurut siaran pers Google yang diterima VIVAnews Rabu 10 November 2008, Google  Translate (yang diterjemahkan menjadi Google Terjemahan) sudah bisa melakukan translasi dari dan ke 35 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Selain bahasa Indonesia, Google Terjemahan  telah mendukung bahasa-bahasa Arab, Bulgaria, Catalan, Cina, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Filipina, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Yahudi, Hindi, Italia, Jepang, Korea, Latvia , Lithuania, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Ukraina dan Vietnam.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

"Kami percaya bahwa Internet bisa meningkatkan akses ke semua sumber informasi dunia tanpa memandang bahasa," ujar Derek Callow, Manajer Pemasaran Google Southeast Asia Marketing, dalam siaran pers Google.

Dengan demikian, pengguna dapat menerjemahkan teks frase maupun satu halaman web berbahasa asing penuh, ke dalam bahasa Indonesia.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Halaman asli BBC  versi Arab, sebelum diterjemahkan GoogleTranslate

Bila hendak menerjemahkan sebuah teks bahasa Arab, Anda harus menyalin teks tersebut, lalu masukkan ke dalam kotak "Translate Text or Web Page"di halaman Google Translate. Lalu pilih bahasa Arab sebagai bahasa asal dan bahasa Indonesia sebagai bahasa tujuan, kemudian tekan tombol Translate.

Hal itu juga berlaku ketika pengguna hendak menerjemahkan seluruh halaman situs web berbahasa asing. Masukkan alamat url di kotak, kemudian tekan tombol Translate, maka halaman tersebut akan berubah menjadi situs berbahasa Indonesia.

Namun, seperti keluhan-keluhan sebelumnya, penerjemahan Google Translate ini memang masih jauh dari sempurna. Saat saya mencoba untuk menerjemahkan artikel bbc versi bahasa Arab, banyak sekali cacat yang ada pada hasil penerjemahan.

Hasil Google Translate dari salah satu halaman BBC versi bahasa Arab

Ada beberapa kata yang gagal diterjemahkan, seperti kata 'Alndjemtan', atau kata 'Clint listoods' dan 'Chengelinj', yang seharusnya adalah diterjemahkan sebagai Clint Eastwood serta Changeling. Hasil terjemahan juga masih banyak kekurangan dari sisi tatabahasa.

Oleh karenanya, Google juga menyediakan mekanisme perbaikan  atas hasil  terjemahannya. Bila terjemahannya tak akurat,Google mempersilakan pembaca untuk menulis alternatif  terjemahan yang menurut pembaca lebih baik.

Google juga menyediakan sebuah gadget yang dapat digunakan oleh pemilik situs berbahasa Indonesia agar situsnya bisa dinikmati oleh seluruh orang yang mengerti 34 bahasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya