Konsumen Masih Pesimistis Kondisi Ekonomi RI

VIVAnews - Keyakinan konsumen Indonesia terhadap kondisi ekonomi pada November 2008 belum pulih. Mereka masih diliputi pesimisme.

Hasil survei Bank Indonesia yang dikutip dari situsnya, Kamis 11 Desember 2008 juga menunjukkan Indeks Konsumen Ekonomi Saat Ini (IKE) turun 1,8 poin dari Oktober 2008 dan 6,5 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

Survei ini dilaksanakan terhadap kurang lebih 4.600 rumah tangga responden di 18 kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Bandar Lampung, Palembang, Banjarmasin, Padang, Pontianak, Samarinda, Manado, Denpasar, Mataram, Pangkal Pinang, Ambon dan Banten.

Melemahnya IKE dipicu semakin pesimisnya responden terhadap indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama dan indeks ketersediaan lapangan kerja masing-masing sebesar 2,3 poin dan 1,6 poin. Kondisi tersebut diikuti oleh berkurangnya optimisme responden terhadap indeks penghasilan saat ini sebesar 1,7 poin.

Hasil survei juga mencatat indeks ekspektasi konsumen (IEK) mengalami peningkatan sebesar 5,0 poin dibandingkan bulan sebelumnya dengan indeks sebesar 108,7.

"Hal ini mencerminkan bahwa meskipun krisis keuangan global mulai menyentuh beberapa sektor ekonomi, masyarakat masih optimis terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan yang akan datang," demikian hasil survei.

Responden memperkirakan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang masih cukup baik dengan indeks sebesar 106,5. Ekspektasi tersebut sedikit membaik dibandingkan survei bulan sebelumnya dengan kenaikan indeks sebesar 10,7 poin.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024