Single Identity Number

DKI Akan Jadi Pilot Project

VIVAnews - Gubernur Fauzi Bowo berencana menjadikan Jakarta sebagai proyek percontohan atau pilot project penerapan nomor identitas tunggal (single identity number/SIN) di Indonesia.

Nomor ini akan diberikan ketika pengurusan akte kelahiran. Selanjutnya, nomor ini akan digunakan sebagai nomor induk murid dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Nomor ini juga akan mengkonversikan sejumlah kartu identitas seperti KTP, SIM, NPWP, visa, BPKB dan paspor. "Single identity itu melekat sejak lahir hingga meninggal. Ini untuk menghindari identitas ganda atau duplikasi identitas," ujar Fauzi Bowo.

Rencananya, sistem nomor identitas tunggal akan diberlakukan secara nasional. Dengan demikian, masyarakat tak perlu khawatir jika harus berpindah domisili dari satu kota ke kota lain.

Namun, Fauzi belum memastikan kapan sistem ini mulai diberlakukan. Dia masih menunggu realisasi pemerintah pusat terhadap konsep ini. Sebab, penerapan identitas tunggal ini masih terkendala sejumlah permasalahan teknis seperti aturan main dan prosedur perubahan data. Khususnya dalam konteks hubungan antar instansi penerbit sejumlah identitas seperti keimigrasian, kepolisian, dan kependudukan.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi
Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024