Swedia Kucurkan Bailout untuk Volvo dan Saab

VIVAnews - Berbeda dengan perusahaan otomotif Amerika Serikat (AS) yang sedang ketar-ketir karena pemerintahnya enggan mengucurkan dana talangan (bailout) agar tidak bangkrut, perusahaan otomotif di Swedia untuk saat ini bisa bernafas lega. Ini karena pemerintah Swedia bersedia mengeluarkan 28 miliar krona atau US$ 3,4 miliar untuk mem-bailout Volvo dan Saab.

Pemerintah Swedia, Kamis 11 Desember 2008, mengatakan bahwa dana talangan tersebut meliputi jaminan kredit, pinjaman darurat, dan dana penelitian untuk meningkatkan kemampuan perusahaan otomotif Swedia.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Keputusan pemberian bailout diterapkan untuk mempertahankan industri otomotif Swedia di tengah krisis ekonomi yang semakin parah. Pemerintah juga menyerukan agar teknologi otomotif yang ramah lingkungan lebih cepat dikembangkan.

Dana 20 miliar krona tersebut terdiri atas 20 miliar krona untuk jaminan kredit kepada perusahaan otomotif, dan lebih dari 5 miliar krona dalam bentuk pinjaman darurat untuk membebaskan perusahaan dari krisis. Pemerintah juga akan menyediakan 3 miliar krona untuk dana penelitian dan pengembangan sektor otomotif.

Koalisi empat partai mengulang pernyataan bahwa mereka tidak ingin menguasai saham Volvo dan Saab. Itu terkait kabar bahwa kedua perusahaan itu akan dijual oleh induk masing-masing, Ford dan General Motors.

Ironisnya, dua perusahaan otomotif di AS tersebut, terutama GM, sangat perlu bailout dari pemerintah di Washington. Maka, tak lagi diurus oleh induk masing-masing, Volvo dan Saab mengajukan proposal meminta bantuan dana pemerintah Swedia. Kebetulan, pemerintah mengatakan bahwa kebijakan bailout sejalan dengan program perbaikan ekonomi yang dicanangkan Komisi Eropa. (AP)

Mahalini di tengah keluarga Sule

Potret Mahalini Lebaran Bareng Rizky Febian dan Sule, Baju Seragam Bikin Salfok

Di hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun 2024 ini, Mahalini ikut merayakannya bersama Rizky dan juga keluarga termasuk Sule, ayah dari Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024