BBM Turun Lagi

Blue Bird: Kami Hemat Rp 140 Juta per Hari

VIVAnews - Operator taksi Blue Bird merasa bersyukur dengan penurunan harga premium oleh pemerintah. Dengan total penurunan Rp 1.000 sejak 1 Desember, Blue Bird berhasil menekan biaya Rp 150 juta per hari.

"Bukan untung yang bertambah, tetapi biaya bisa dihemat," ujar Vice President Blue Bird, Heri Dasril kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 15 Desember 2008.

Pemerintah kembali menurunkan harga premium Rp 500 pada Senin ini, 15 Desember menjadi Rp 5.000 per liter. Ini adalah untuk kedua kalinya setelah 1 Desember lalu, premium turun Rp 500 sehingga totalnya sudah turun Rp 1000 per liter. Dengan penurunan ini, sejumlah kalangan berharap tarif taksi ikutan turun.

Menurut Heri, saat ini total armada Blue Bird sebanyak 10 ribu unit sedan. Dari jumlah itu yang beroperasi per hari sekitar 70 persen atau 7 ribu unit. Setiap hari rata-rata satu mobil minum bensin sekitar 20 liter.

Dengan penurunan harga Rp 1.000 pada bulan ini, maka Blue Bird bisa menghemat biaya Rp 140 juta per hari untuk semua unit kendaraan yang beroperasi.

Dia mengingatkan pengusaha taksi bukan untung akibat penurunan premium tersebut. Sebab, tarif buka pintu yang berlaku sekarang Rp 6.000 tidak sesuai dengan usulan Organisasi Angkutan Darat (Organda). Usulan Organda sebesar Rp 8.000 saat membuka pintu taksi.

Namun, Heri mengingatkan, penghematan itu bukan untuk pengusaha taksi. Yang pertama kali menerima keuntungan adalah sopir taksi. "Sebab, dengan biaya berkurang, komisi untuk pengemudi taksi bertambah," kata Heri.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Ingin berdiskusi soal tarif taksi, silakan klik di VIVAnews Forum.

Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024