Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polisi Kerahkan 47.685 Personel Amankan Natal

VIVAnews - Mengamankan Natal dan Tahun Baru, Kepolisian RI menggelar 'Operasi lilin'. Juru bicara Kepolisian, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira mengatakan operasi akan dilakukan selama 10 hari, mulai 24 Desember 2008 sampai 2 Januari 2009. Gelar pasukan akan dilakukan kepolisian daerah secara serentak pada 23 Desember 2008.

"Jumlah pasukan yaang dikerahkan 47.685 orang," kata Abubakar kepada wartawan di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 17 Desember 2008.

Menurut informasi, Markas Besar Kepolisian akan menurunkan 350 personel, Kepolisian Daerah Sumatera Utara 2500 personel, Kepolisian Daerah Metro Jaya sebanyak  4.300 personel, sedangkan Kepolisian Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur masing-masing 4000 personel.

Abubakar mengatakan, jumlah 47.685 adalah yang dibiayai anggaran pengamanan. Polisi yang diterjunkan, tambah dia, bakal lebih banyak lagi. Semua kepolisian daerah diminta menurunkan personel tambahan, tergantung kondisi di lapangan.

Sasaran utama pengamanan adalah gereja atau tempat lain yang digunakan untuk beribadah Natal. Selain itu, tambah Abubakar, pusat perbelanjaan. "Karena banyak warga Kristiani yang belanja kebutuhan Natal dan tahun baru," kata dia.

Sarana transportasi, yakni stasiun, bandar udara, dan terminal juga mendapatkan pengamanan ekstra. Demikian juga dengan tempat-tempat rekreasi. "Banyak warga yang datangi tempat itu," tambah Abubakar. Personel polisi juga akan ditempatkan di rute tempat rekreasi dan tempat penimbunan sembako.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024