Internet Kian Terjangkau

Pengguna Rasakan Manfaat Internet Terjangkau

Saat ini di Indonesia, khususnya di sejumlah kota-kota besar, pilihan koneksi internet sudah semakin beragam. Keragaman pilihan mencakup dari sisi kecepatan, keterjangkauan, serta metode koneksi. Mudah dan murahnya koneksi internet membuat pengguna komputer, khususnya pengakses internet semakin banyak menghabiskan waktunya menjelajahi dunia maya.

Iman Teguh Pribadi, misalnya. “Dalam satu hari, rata-rata saya menghabiskan waktu 10 sampai 15 jam berada di depan komputer,” ucapnya. “Untuk koneksi pribadi, saya sudah menggunakan internet sejak tahun 2001, terutama menggunakan layanan dari operator seluler seperti Indosat, XL, dan kini Telkomsel.”

Pria yang di Internet menggunakan identitas Nero Sumargono atau MAS itu memanfaatkan koneksi internet bertarif flat unlimited untuk mengembangkan forum-forum yang ia buat dan gawangi seperti OprekPC, IndoWLI, dan lain-lain. Ia juga manfaatkan koneksi tersebut untuk berinteraksi di sejumlah milis dan forum lokal serta luar negeri. “Dalam sebulan, saya menghabiskan dana sekitar 200 sampai 300 ribu rupiah untuk membayar koneksi internet unlimited yang saya gunakan,” katanya. Ia juga mengaku mengandalkan internet sebagai sumber mata pencahariannya.

Hal serupa dilakukan oleh Andrew Darwis, pendiri sekaligus administrator forum diskusi online populer, Kaskus. Dalam satu hari, boleh dibilang selama 24 jam non stop ia selalu terhubung ke Internet. Ia memantau notifikasi yang dikirimkan via email ke BlackBerry yang ia gunakan. “Setiap ada laporan user, moderator, dan lain-lainnya, selalu ada email notifikasinya yang masuk ke inbox BlackBerry saya,” ucapnya pada VIVAnews. “Ke mana saya pergi, saya juga selalu membawa laptop. Kalau ada notifikasi berkaitan dengan permasalahan dari sisi infrastruktur forum, saya segera mencari hotspot atau akses internet,” katanya.

Menurut pengguna yang mendirikan forum Kaskus bersama rekan-rekannya ketika masih tinggal di Seattle, Amerika Serikat, ia menggunakan layanan operator nirkabel untuk selalu terhubung ke Internet. “Sudah empat bulan ini, sejak saya kembali ke Indonesia, saya menggunakan layanan internet 3,5G unlimited dari operator IM2,” katanya. “Kalau di kantor sendiri, saya menggunakan layanan dari Biznet.”

“Selama ada di rumah, berarti saya terhubung ke Internet,” kata Steven Irwandi, seorang mahasiswa tingkat akhir Universitas Bina Nusantara, Jakarta. “Secara total, di rumah dan di kantor, rata-rata dalam satu hari saya terhubung ke internet selama 15-18 jam,” ucap mahasiswa yang juga menjadi penulis lepas di sela-sela waktu kuliahnya.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Banyaknya pilihan akses internet terjangkau dan unlimited tersebut diakui Steven sangat mendukung kuliah dan pekerjaannya. “Sekarang ini jadi lebih gampang terkoneksi ke internet, tidak perlu repot-repot ke warnet,” katanya. Setelah memanfaatkan koneksi internet unlimited dari First Media di rumahnya, ia juga mengaku semakin mudah menyalurkan hobinya, menonton video musik di internet.

Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024