Perjanjian Soal Hong Kong Ditandatangani

VIVAnews – Hongkong yang merupakan koloni Inggris, dikembalikan ke Cina tahun 1997 setelah kesepakatan bersejarah yang ditandatangani di Peking 19 Desember 1984.

Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher menandatangani Deklarasi Bersama Sino British dengan mitra Cina Zao Ziyang.

Secara resmi kesepakatan ini  menutup masa depan Hong Kong, memindahkan Hongkong dari koloni Inggris yang berpenduduk enam juta orang ke negara komunis Cina selama 13 tahun.

Kesepakatan ini mengakhiri pemerintahan Inggris selama 155 tahun di Hongkong, juga meluncurkan era baru dalam perdagangan dan diplomasi antara kedua negara.

Presiden Cina Deng Xiaoping, yang menginginkan pemulihan Hongkong, menyambut PM Thatcher. Upacara penandatanganan kesepakatan ini berlangsung di Great Hall of the People, dan dihadiri 101 tamu dari Hong Kong.

PM Thatcher mengatakan, keadaan ini unik, perjanjian ini juga unik. “ Adalah benar bila kita merasakan nuansa bersejarah, dari harga diri dan kepercayaan diri untuk masa depan,” kata Thatcher.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?
Anthony Sinisuka Ginting melawan Viktor Axelsen di Thomas Cup

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Thomas Cup dan Uber Cup merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi di dunia dengan menggunakan sistem beregu putra dan putri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024