Krisis Perusahaan IT

Abit Tutup di Penghujung 2008

Di industri motherboard, Abit memang tidak berada di jajaran top four motherboard manufacturer (produsen motherboard dengan pangsa pasar terbesar). Akan tetapi, produsen asal Taiwan ini selalu menghadirkan produk yang inovatif. Sebagai contoh, Abit merupakan produsen motherboard pertama yang memperkenalkan motherboard jumperless. Mereka juga merupakan salah satu pionir dalam industri overclocking.

Motherboard buatan Abit memiliki pangsa pasar yang spesifik, khususnya di pengguna segmen antusias dan overclocker karena memiliki kualitas yang bagus serta mudah untuk diutak-atik performanya. Naiknya popularitas hardware kelas atas di dekade belakangan juga membuat Abit menjadi salah satu pemain serius di industri motherboard. Sayangnya, kinerja manajemen yang kurang baik membuat Abit ditinggalkan staf penting serta para engineer di belakang sukses desain motherboard-nya. Abit juga terpaksa harus meninggalkan bisnis kartu grafis, dan akhirnya brand serta sebagian besar aset Abit dijual ke Universal Scientific Industrial (USI) tahun 2006.

USI yang merupakan perusahaan spesialis pembuat motherboard untuk PC branded tidak mampu memperbaiki image Abit yang mulai kehilangan popularitas di sekitar tahun 2004-2005. Dari informasi yang dirilis Tweaktown, 17 Desember 2008, USI akan menghentikan operasional Abit di 31 Desember 2008, dan efektif 1 Januari 2009 Abit sudah tidak lagi beroperasi. Langkah tersebut diambil sebagai proses restrukturisasi dan menurunkan biaya operasional.

Sebelum keputusan diambil, Abit sudah berupaya untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Contohnya dengan membuat lini produk lain seperti mobile internet device, serta FunFab, frame foto digital yang sekaligus mampu mencetak foto. Akan tetapi, produk-produk itu kurang diminati pasar. 

Demi menggenjot penjualan yang menurun, di pameran komputer Computex Taipei 2008, Abit juga sempat mendemonstrasikan motherboard Intel P45 mereka untuk mencoba menarik perhatian pengguna. Bahkan di Indocomtech 2008 yang baru lalu, Abit lewat Spectrum Utama, juga ikut berpartisipasi. Kalau Abit benar berhenti beroperasi, industri motherboard kembali kehilangan salah satu pemain penting.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly
Tangkapan layar viral video emak-emak di Makassar ngamuk ancam parang penagih utangnya.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Beredar video viral di medsos, memperlihatkan seorang emak-emak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengamuk sambil membawa parang. Emak-emak itu emosi ditagih hutangnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024