Kelangkaan Gas

Pedagang Kecil Terancam Gulung Tikar

VIVAnews - Kelangkaan gas yang tak kunjung berakhir membuat sejumlah pedagang kecil gelisah. Kelangkaan memicu harga gas ukuran tiga kilogram melambung hingga Rp 25 ribu.

Karsim, 45 tahun pedagang mie ayam di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, gelisah lantaran harga gas elpiji ukuran tiga kilogram melonjak hampir dua kali lipat menjadi Rp 25.000 per tabung. Padahal satu tabung warna hijau itu hanya bertahan selama dua hari.

Ia pun dilematis. Dengan melonjaknya harga elpiji, otomatis keuntungan usahanya menipis. "Jadinya serba salah. Mau naikin dagangan takut nggak laku," ujar Karsim. "Nggak cuma saya sih, pedagang yang lain menjerit juga nih."

Ronny, 30 tahun, pedagang gorengan di kawasan Tebet, juga merasakan dilema yang sama. Sepekan terakhir, ia harus merogoh kocek Rp 20.000 untuk setiap tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram. Ia membutuhkan satu tabung gas setiap dua hari. "Jadi untungnya semakin tipis. Mau naikin harga gorengan nggak berani takut nggak laku," ujar pria asal Sumedang yang sudah lima tahun menekuni usaha gorengan di Jakarta. 

Resmaida, pemilik toko gas Rahayu, di Jalan Tebet Raya No 67, Jakarta Selatan, mengaku terpaksa menaikkan harga gas elpiji ukuran tiga kilogram hingga Rp 20.000 dari harga normal Rp 13.500 per tabung. Dia beralasan, harga dari agen juga naik. "Belum lagi ngantre di agen berhari-hari. Kita kan juga harus bayar upah ke pegawai yang mengantre," ujar Resmaida.

Remaida mengakui lonjakan permintaan gas dari para konsumen. Dari 200 tabung yang ia jual sejak kemarin, hanya tersisa 100 tabung yang terisi. Pemilik toko kelontong itu juga menaikkan harga gas elpiji ukuran 12 kilogram menjadi Rp 80.000 dari harga normal Rp 75.000.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas
Idham Holik, Anggota KPU RI.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai pemenang Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024