Hutan Bawah Laut

VIVAnews – Hutan ternyata tidak hanya terdapat di daratan teman-teman, tetapi juga ada di bawah laut. Kalau hutan di daratan terdiri dari pohon besar, maka hutan bawah laut terdiri dari alga-alga laut. Alga ini berwarna coklat, jumlahnya sangat banyak dan bentuknya sangat besar.

Salah satu hutan bawah laut ditemukan di kepulauan Galapagos yang berada di lautan pasifik. Hutan bawah laut di Galapagos ini berisi 100 jenis alga laut dengan panjang mencapai 300 meter. Selain alga, ada juga binatang-binatang laut seperti ikan, kepiting, dan anjing laut.

Para peneliti kelautan menemukan bahwa alga-alga besar hanya tumbuh di perairan tropis. Selain di Galapagos, para peneliti masih mencari tempat lain tumbuhnya alga-alga besar. Mereka memperkirakan terdapat 23.500 meter persegi kilometers alga-alga laut yang akan menjadi hutan laut, tersembunyi di berbagai perairan tropis di dunia.

Untuk bernafas, alga laut membutuhkan banyak nitrogen. Nah, nitrogen ini banyak terdapat di bawah laut. Maka, alga- alga laut yang besar dan banyak serta menyerupai hutan, banyak terdapat di bawah laut.

Michael Graham dari Laboratorium Kelautan Amerika Serikat, juga memperkirakan banyak hutan laut di perairan Filipina. Mereka memeriksanya menggunakan robot yang dimasukkan ke dalam laut. Melalui robot itu, para peneliti bisa melihat keadaan hutan dalam laut tanpa harus menyelam.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu kan, tidak hanya daratan yang memiliki hutan, di laut juga terdapat hutan tetapi pohonnya berupa alga-alga besar.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir
YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Daud Kim memposting permintaan maaf di Instagram-nya tetapi langsung menghapusnya dengan cepat, yang mendorongnya untuk mengambil langkah dan mengungkap kejahatannya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024