Eksperimen Gaya dengan Motif Plaid

VIVAnews - Sepanjang musim gugur dan dingin 2008, motif plaid dan tartan kembali menjadi tren di kalangan fashionista.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Kedua motif tersebut sering terlihat dikenakan para selebriti dunia, antara lain Mischa Barton, Katie Holmes, dan Emma Watson. Para desainer dunia seperti Dolce & Gabbana, Ralph Lauren, dan Marc Jacobs pun meramaikan runway dengan karya terbarunya dalam motif plaid.

Motif ini sempat menjadi tren di awal 1990 untuk gaya preppie look atau tampilan ala seragam anak sekolah. Motif tartan juga sempat mendunia pada era grunge melalui Nirvana atau Pearl Jam dalam balutan kain flanel.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Tartan, atau di Amerika disebut plaid, adalah motif tradisional bangsa Skotlandia. Biasanya, motif ini diaplikasikan pada kain wool sebagai bahan dasar kilt, yaitu pakaian tradisional pria Skotlandia yang berbentuk seperti rok. Garis-garis vertikal dan horizontal membentuk motif kotak-kotak yang atraktif dalam berbagai warna.

Plaid atau tartan hadir dalam berbagai busana, mulai jaket, coat, celana panjang, celana pendek, rok, dan gaun. Dulu, busana bermotif plaid tampil lebih formal karena diterapkan pada bahan yang berkesan kaku misalnya wol, drill, dan sebagainya. Tapi kini, plaid tampil kasual misalnya pada bahan katun ringan.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Tak hanya pada busana, motif plaid juga makin marak pada berbagai aksesori pelengkap penampilan seperti scarf, flat shoes, sneaker, tas, bandana, hingga tali arloji.

Jika Anda ingin tampil gaya dengan motif plaid, pilih satu fashion item saja yang bermotif tersebut. Atau jika Anda kenakan pada item yang lain, gunakan motif yang sama persis. Sebab jika motif dan warnanya berbeda, penampilan justru terlihat terlalu ramai dan bertumpuk-tumpuk.

Warna dan ukuran kotak-kotak pada motif plaid juga bisa untuk menyiasati ukuran tubuh. Jika Anda bertubuh besar, pilih ukuran motif kotak-kotak yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Untuk warna, jangan pilih warna terlalu cerah karena akan membuat tubuh terlihat makain besar. Bila Anda bertubuh mungil, pilih motif kecil dan warna cerah.

Simak tips padu-padan plaid berikut ini.
- Padukan jaket motif plaid dengan skinny jeans. Kenakan sepatu ankle boots yang nyaman. Gaya kasual ini bisa jadi pilihan Anda saat pergi jalan-jalan.
- Ingin tampil lebih girlie untuk kencan? Padukan dress bermotif plaid dengan legging polos yang penuh hingga telapak kaki. Kemudian kenakan flatshoes dengan warna senada.
- Jika Anda ingin memakai aksesori bermotif plaid, sebaiknya kenakan busana polos. Tapi agar tak tampil terlalu biasa, Anda bisa bermain warna.
- Padu-padan warna yang kontras boleh-boleh saja jika Anda berani bereksperimen warna. Misalnya untuk mantel coat motif plaid berwarna merah, padukan dengan stocking kuning kunyit. Bila jaket motif plaid Anda berwarna marun, coba kenakan scarf warna pink agar penampilan terlihat lebih cerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya