Dicalonkan Jadi Capres

Amien Rais Minta PAN Realistis

VIVAnews - Mantan Ketua MPR Amien Rais meminta Partai Amanat Nasional (PAN) realistis pada pemilihan presiden tahun 2009 mendatang. Sikap ini diambil Amien saat dirinya dicalonkan oleh DPW PAN DIY sebagai calon presiden 2009. Deklarasi pencalonan Amien sebagai capres dari partai berlambang Matahari dilakukan DPW PAN DIY saat pembekalan calon anggota legislatif DPRD DIY di Yogyakarta.
   
''Saya terima dan hargai keinginan teman-teman DPW PAN dan BM PAN DIY. Saya tidak ingin mengecewakan tapi saya katakan harus berfikir realistis dan harus bekerjasama dengan partai lain untuk itu,'' tandas Amien usai deklarasi tersebut, Sabtu 27 Desember 2008.

Menurut Amien partai harus memenuhi ketentuan UU Pilpres tahun 2008 jika ingin mengusung calon presiden, yaitu memenuhi ketentuan 20% anggota DPR dan 25% suara nasional. Setelah itu, partai juga harus memikirkan pendanaan pencapresan, sosialisasi, dan menghitung kekuatan global.

Menurut Amien, tahun 2009 merupakan tahun penentuan Indonesia. Masyarakat Indonesia harus pandai memilih figur preside pilihannya. Dalam analisa Amien, terdapat dua calon presiden yang cukup aspiratif terhadap ekonomi liberal dan ekonomi pasar, mereka adalah Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).  

''Kedua beliau ini membawa aspirasi ekonomi pasar dan ekonomi liberal yang tidak mungkin bisa berubah. Jadi pilih Pak Yudhoyono atau Ibu Mega itu memilih dua tokoh yang memiliki program dan visi yang lebih kurang sama. Apalagi keduanya pernah satu kabinet yang sudah ada simbiosis mutualisme,'' lanjut Amien.

Pilpres mendatang, Amien berharap ada tokoh alternatif lain yang tidak condong pada ekonomi pasar, tidak melakukan penjualan BUMN, tidak menggadaikan aset negara dan tidak mudah ditipu oleh Bank Dunia maupun WTO. ''Itu harapan saya tetapi jika harapan saya gagal kita tetap cuma punya dua pilihan Ibu Mega atau Pak Bambang. Walaupun  itu pilihan tidak ideal menurut saya,'' tandasnya.

Sementara itu Ketua DPW PAN DIY, Imawan Wahyudi mengatakan, pencalonan Amien Rais dalam Pilpres 2009 oleh partainya tersebut dilakukan untuk terus mendorong lokomotif reformasi di Indonesia tetap jalan. ''Pak Amien Rais itu Bapak Reformasi Indonesia dan PAN sebagai partai yang juga reformis siap meneruskan perjalanan lokomatif reformasi tersebut,'' terangnya.

Laporan: Rahardian/Yogyakarta

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024