Pak Kusir pun Kini Mengeluh

VIVAnews - Liburan Natal dan Tahun Baru biasanya dimanfaatkan kusir delman di Monas untuk meraup keuntungan. Namun pada liburan tahun ini, penghasilan mereka merosot drastis.

Tahun lalu dalam sehari mereka bisa meraup penghasilan mencapai Rp 400 ribu. Namun kali ini penghasilannya menurun 50 persen.

"Sekarang delman nggak boleh lagi masuk kawasan Monas. Kami hanya narik di sekitar lapangan parkir IRTI Monas saja," kata Hendrik (17), salah seorang kusir delman di Monas yang sudah 3 tahun menjadi kusir.

Akibat adanya perubahan pengurus Monas, tak hanya para kusir yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam kawasan itu. Para pedagang dilarang untuk berdagang di sekitar kawasan tersebut.
Peraturan ini diberlakukan agar kebersihan dan juga kenyamanan pengunjung dalam berlibur tetap bisa dirasakan. "Gara-gara aturan baru ini paling-paling kita cuma bisa bawa pulang uang RP 200 ribu," lanjutnya.

Kepala Unit Pelaksanan Teknis Monumen Nasional  (Monas) Rafael Nadapdap mengatakan, peraturan ini sudah diberlakukan sejak setahun yang lalu. Namun Rafael mengeluh, meski aturan  sudah diterapkan masih saja ada pedagang yang nakal berjualan di sekitar areal pagar Monas.

"Ini menyebabkan Monas jadi kotor. Apalagi kalau musim hujan," ujar Rafael Nadapdap pada Vivanews.

Seringkali, lanjut Rafael, petugas Tramtib yang ditugaskan untuk menjaga kawasan Monas pun adu mulut bahkan hingga berkelahi. Padahal maksud mereka untuk menertibkan para pedagang nakal.

Pengelola Monas saat ini ingin lebih meningkatkan kenyamanan dan kemanan para pengunjung. Meski delman tak diperbolehkan masuk kawasan Monas, pihaknya telah menyediakan kereta mobil keliling sebanyak 3 unit.  Satu unit nya terdiri dari 3 rangkaian.

"Sekarang pengunjung bisa menggunakan mobil kereta, jumlahnya memang belum banyak," katanya.

Untuk mencapai Tugu Monas para pengunjung harus menempuh perjalanan 500 meter dari lapangan masuk parkir IRTI.
Untuk libur Natal tahun ini, jumlah pengunjung mencapai 7000 orang. Hari ini jumlahnya diprediksi bisa lebih dari 8000 pengunjung.

Antrean panjang pun terlihat dari mulai loket masuk antrean yang bisa mencapai 4 jam.

Diprediksikan puncak pengunjung akan terjadi pada 1 Januari 2009 yakni mencapai 12.000. Jumlah ini pun meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 11.500 pengunjung.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024