2008, Wall Street Cetak Rekor Rugi Terbesar

VIVAnews - Para investor di Wall Street kini tengah bersiap-siap mengakhiri perdagangan yang tinggal tiga hari lagi. Tahun 2008 tercatat sebagai tahun terburuk bagi kinerja saham-saham di Wall Street sejak kepemimpinan Presiden Herbert Hoover.

Krisis ekonomi global yang sedang berlangsung membuat saham-saham meluncur deras tahun ini, seperti indeks Dow Jones yang terpangkas 36,2 persen. Angka ini merupakan penurunan terbesar sejak 1931 ketika terjadi resesi global, di mana sahamĀ  rontok 40,6 persen.

Indeks Standard & Poor's 500 juga mencetak rekor penurunan terbesar sejak 1957. Indeks yang menaungi perusahaan-perusahaan terbesar Amerika itu jatuh 40,9 persen tahun ini.

Para analis melihat Januari 2009 adalah periode paling krusial bagi pasar untuk mencoba mengembalikan sebagian dari US$ 7,3 triliun yang hilang dari Dow Jones.

"Sangat sulit untuk mengukur pemulihan karena ada banyak hal di luar sana yang berhubungan satu dengan lainnya, " kata Scott Fullman, direktur derivatif strategi investasi dari WJB Capital Group di New York, seperti dikutip dari AP, Senin 29 Desember 2008.

"Tidak ada yang bisa diperbuat dalam situasi vakum seperti ini. Siapa saja yang mengelola uang harus hati-hati, setidaknya untuk enam bulan pertama di tahun 2009," Fullman menambahkan.

Dia mengatakan, banyak analis yang melompati minggu terakhir ini dan lebih memfokuskan diri pada bulan depan, terutama karena pada 20 Januari, Barack Obama akan diambil sumpahnya sebagai presiden. Ada harapan baru pemerintah akan mengeluarkan paket stimulus, seperti pemotongan suku bunga pada Desember lalu untuk membantu mengatasi krisis keuangan.

Perdagangan diharapkan stabil dan data ekonomi pada beberapa hari mendatang diharapkan membawa suasana lebih baik untuk memasuki 2009.

Saat ini investor masih menunggu secara detil data penjualan eceran periode setelah Natal. Pengeluaran konsumen saat ini mendorong dua pertiga dari ekonomi AS. Investor juga masih menantikan data indeks kepercayaan konsumen pada Desember yang diperkirakan naik dibandingkan November 2008.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024