Tahun 2008, Harga Beras Paling Stabil

VIVAnews - Selama satu tahun bahan pokok yang harganya paling stabil adalah beras. Sedangkan harga yang paling fluktuatif adalah cabai merah.

"Harga fluktuatif karena terpengaruh musim. Jika musim panen harga cabai merah bisa anjlok, namun jika musim peceklik harganya bisa mahal," kata Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan kepada VIVAnews, Senin 29 Desember 2008.

Menurutnya, bahan pokok musiman itu bisa turun hingga 20 persen dan bisa naik hingga 50 persen, tergantung dari persediaan barang.  Untuk cabe merah, tergantung dari persediaan karena tidak bisa di atur seperti beras dengan bantuan Bulog.

Beberapa komponen yang mempengaruhi inflasi dalam jumlah besar adalah harga beras, daging sapi, dan bahan bakar minyak. Untuk ikan, permintaan masyarakat tidak terlalu besar terhadap bahan makanan satu ini. Ikan, lanjut Rusman, dijadikan pilihan terakhir oleh masyarakat selain daging.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024