Gunung Berapi

Semeru Berstatus Waspada

VIVAnews - Gunung Semeru saat ini berstatus waspada. Sejak pekan  lalu, gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut meletuskan asap dan menyemburkan abu. Tak hanya mengotori sekitar gunung, abu terbang sampai Kota Lumajang, Jawa Timur yang jaraknya sekitar 30-40 kilometer.

Meski ketebalan abu baru sekitar 2 milimeter, namun partikel abu yang kecil membuat penduduk di sekitar lereng gunung menderita infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). "Kami mengharapkan bantuan berupa masker," kata salah satu warga, Iswanto, Selasa 30 Desember 2008. Pantauan VIVAnews, hampir seluruh permukaan di wilayah lereng gunung semeru tertutup abu, kaca-kaca rumah penduduk pun tak luput tertutup abu.

Kepulan debu juga mengganggu lalu lintas. Sebab, jarak pandang pengemudi jadi semakin pendek karena kepulan abu.

Abu Gunung Semeru juga mengancam perekonomian masyarakat. Menurut Iswanto, abu merusak tanaman cabai yang jadi sumber mata pencaharian penduduk. "Kerugian bisa mencapai ratusan juta," kata Iswanto. 

Sampai saat ini warga mengaku belum mendapat peringatan dari Badan Meteorologi dan Geofisika. Warga mengaku sama sekali tak cemas. Sebab, "Peristiwa ini biasa terjadi, warga tidak cemas," kata Iswanto.

Menurut salah satu petugas posko pemantau Gunung Semeru yang tak mau disebut namanya, sejak kemarin sudah ada instruksi untuk menutup jalur pendakian ke Gunung Semeru. Para pendaki yang bermimpi menaklukan Puncak Mahameru, puncak Gunung Semeru, harus bersabar sampai  status gunung dinyatakan aman.

Laporan: Taufik Jumaan/ Probolinggo.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024