Resesi Ekonomi, Jumlah Perceraian Bertambah

VIVAnews - Khawatir akan resesi ekonomi yang berkepanjangan, jumlah pasangan suami-istri di Cina yang memilih bercerai kian hari kian bertambah. Mereka tidak langsung putus hubungan, melainkan terlebih dahulu berkonsultasi ke penasihat hukum maupun konsultan keuangan mengenai pembagian aset-aset alias gono-gini.

Menurut kabar dari situs China News Service (www.chinanews), jumlah orang yang telah meminta saran dari para konsultan untuk cerai pada paruh kedua tahun ini meningkat 30 persen. Sebagian besar keresahan para klien adalah bagaimana melindungi properti pribadi setelah bercerai.

"Kendati kesulitan keuangan tidak selalu menjadi penyebab utama suatu pasangan bercerai, masalah tersebut bisa memperkuat alasan mengapa yang bersangkutan memilih cerai dari pasangannya," ungkap surat kabar, The China Daily, Senin 29 Desember 2008, dengan mengutip para penasihat perkawinan.
 
Menurut direktur Pusat Layanan Perceraian Cina, Shu XinShu, pasangan yang punya harta berkecukupan biasanya langsung sepakat cerai saat nilai-nilai aset sudah tergolong rendah. "Banyak pertanyaan mengenai bagaimana tidak sampai harus membayar utang setelah cerai. Jumlah pertanyaan mengenai masalah tersebut lewat telepon telah meningkat dari 200 menjadi 300 panggilan dalam beberapa bulan terakhir," kata Ming Li, yang bekerja di firma konsultasi pernikahan dan keuangan, Shanghai Weiqing.  

Namun pakar hukum dari Univeritas Ilmu Politik Cina, Profesor Wu Changzhen, mengatakan bahwa terlalu dini untuk memastikan dampak krisis keuangan atas tingkat perceraian. "Sangat sulit bagi pasangan suami istri yang ingin bercerai untuk menjual rumah mereka dengan harga yang wajar dan tetap tinggal pisah rumah," kata Wu.

Kementrian Hubungan Masyarakat Cina Tahun 2007, terdapat 2,1 juta kasus perceraian di Cina. Jumlahnya hampir tujuh kali lipat dari data tahun 1980, yaitu saat Cina baru melancarkan pembaruan ekonomi.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024