Tenang Menitipkan Anak di Daycare

VIVAnews - Saat ini, daycare atau taman penitipan anak (TPA) bisa jadi solusi bagi ibu sibuk. Apalagi bila Anda tidak terlalu percaya si kecil diurus oleh babysitter. Banyak hal positif yang bisa didapat Anda dan buah hati dengan memanfaatkan daycare. Si kecil senang, ibu pun tenang. Tapi, Anda juga harus cermat memilih daycare. Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Survey, survey, survey
Jangan langsung memilih satu TPA tanpa ada perbandingan. Anda bisa bertanya pada teman-teman yang pernah memakai jasa daycare atau dapat mencari info lewat browsing internet.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Jangan hanya mencari tahu tentang kelebihannya, tapi selidiki juga kekurangannya. Setelah mendapat sedikit info, tak ada salahnya Anda mendatangi langsung. Dengan begitu, Anda bisa melihat sendiri apakah kabar miring yang sempat beredar benar atau tidak.

Yang mahal, pasti berkualitas?

Belum tentu. Memang, biasanya daycare mahal, fasilitasnya lebih lengkap, dan memperkerjakan tenaga profesional. Plus, iming-iming si kecil bisa makin pintar. Tapi, hal ini juga bisa tergantung dari kenyamanan si kecil. Coba juga ajak si kecil ke tempat tersebut. Jika mereka cukup antusias mencoba fasilitas di sana, itu sudah menjadi ‘lampu hijau’ buatnya.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa daycare yang membuat aturan denda. Jika terlambat menjemput si kecil, Anda bisa dikenai denda terlambat tiap 15 menit.

Kenali lewat wawancara
Biasanya sebelum mempekerjakan pekerja di rumah atau di kantor, Anda akan melakukan wawancara. Tak ada salahnya Anda melakukan cara itu untuk mengetahui seperti apa orang-orang yang akan mengasuh si kecil.

Memang, tenaga profesional, seperti dokter atau psikolog, bisa membantu si kecil dalam berbagai hal. Pastinya, Anda akan merasa tenang jika buah hati terpantau dengan baik. Cari tahu juga apakah mereka juga stand by di tempat itu. Sehingga jika terjadi kondisi darurat, mereka ada di tempat. 

Pilih yang punya program edukatif
Program di daycare sangat variatif. Ini penting, mengingat anak mudah sekali bosan. Kalau kegiatan yang dilakukan monoton, bisa-bisa anak jadi malas dan enggan dititipkan. Akan lebih baik jika daycare juga punya kegiatan edukatif. Misalnya, membuat mainan sendiri dari kaleng bekas, dan diajarkan mencintai lingkungan.

Hal positif yang mungkin terjadi, anak Anda bisa lebih mandiri, dan tidak gampang merengek. Di sana, mereka bisa bermain dengan teman dari berbagai usia dan mendapat pengawasan dari para pengajar. Stimulasi yang diberikan selama ini positif. Selain bermain, ada juga sesi mengasah kemampuan motorik halus, sehingga permainan lebih terarah untuk perkembangannya.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Anda bisa memulai survey dari sini!
- Casa Rossa
Jl. Kemang Timur Raya No 28, Jakarta Selatan
(021)71793201

- High Reach
Sudirman Park Apartment Tower B Lt. 2
Jl. KH  Mas Mansyur Kav. 35, Jakarta 10220
(021) 5794 2800, 5794 2770

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

- TPA Sylva
Gedung Manggala Wana Bhakti Lt. 1 Blok 7
Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat
(021) 5720188

- Sasana Bina Balita
Jl. Kuningan Timur Blok M/2, Jakarta
(021) 5204277

- TPA Tat Twam Asi
Jl. Kecubung V/3, Duren Sawit, Jakarta Timur
(021) 8626358

- TPA Pestalozzi
Komp. Bukit Permai, Jl. Bromo /Taroman Blok R/6, Cibubur
(021) 8716894

- TPA Teratai
Jl. H. Moeljadi Djojomartono, Bekasi 105
(021) 8800547

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya