Divonis Bebas

Muchdi Akhirnya Pulang

VIVAnews - Setelah divonis bebas dari dakwaan membunuh aktivis HAM Munir, mantan Deputi V Badan Intelijen Negara Muchdi Purwoprandjono kembali ke rumah. Muchdi pun tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama majelis hakim.

"Saya mengucapkan syukur kepada Allah bisa kembali ke rumah dengan selamat," ujar Muchdi yang tiba di kediamannya, Jalan Dharmawangsa X nomor 76, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Desember 2008.

Muchdi tiba menggunakan mobil Toyota Land Cruiser berwarna hitam dengan nomor polisi B 1504 RR. Muchdi terlihat memakai jaket cokelat dan topi bertuliskan Partai Gerindra lengkap dengan pin. Muchdi pun tak henti memberikan ucapan terima kasih.

"Terima kasih kepada majelis hakim. Dia (hakim) telah mempertimbangkan sesuai dengan hukum yang berlaku dan melaksanakannya dengan hukum yang berlaku, juga tanpa ada tekanan dari pihak manapun," ujar pria yang sempat dituntut 15 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum ini.

Tidak hanya itu, Muchdi pun mengucapkan terima kasih atas dukungan keluarga dan rekan-rekan aktivis. "Dan partai saya yang telah mendukung secara moral," lanjut Muchdi.

Sebelumnya, ketua majelis hakim Suharto membebaskan Muchdi PR dari segala dakwaan. Hakim meminta jaksa penuntut umum untuk membuktikan beberapa hal. "Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perencanaan pembunuhan terhadap Munir sesuai dakwaan jaksa," kata Suharto.

Istri mendiang almarhum aktivis HAM Munir, Suciwati, terlihat lemas ketika mendengar vonis bebas bagi terdakwa Muchdi Purwoprandjono. Apapun yang terjadi, Suciwati tidak akan tinggal diam dan terus melawan.

"Ini memang menyakitkan tapi kita harus tetap merapatkan barisan, dengan adanya keputusan negara ini masih berpihak pada pelaku," ujar Suciwati, usai vonis bebas Muchdi.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024