TV Tuner

KWorld Blazing Orange TVBox

Di Indonesia, TV tuner buatan KWorld yang beredar cukup variatif. Kalau sebelumnya kita pernah menyinggung produk eksternal versi USB, kali ini produk TV tuner KWorld yang akan kita ulas adalah versi eksternal tetapi yang langsung dapat dihubungkan ke monitor.

Namanya adalah Blazing Orange TVBox. Produk ini dapat mengubah monitor LCD yang Anda miliki menjadi pusat hiburan di rumah. Selain dapat dijadikan televisi, produk ini juga mendukung pemutaran video memanfaatkan Sony PlayStation 2 atau PlayStation 3, serta Nintendo Wii. Yang menarik adalah, video yang ditampilkan bisa mencapai resolusi 1920x1200 serta mendukung PiP (Picture inside Picture).

Seperti pada perangkat TV tuner internal, Blazing Orange TV Box juga mampu melakukan pengambilan gambar siaran televisi, dan menyimpan channel televisi favorit sesuai keinginan penggunanya. Bagi yang membutuhkan, produk ini juga mendukung automatic power up dan shutdown.

Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta: Ada MPV Mewah dan Hatchback Keren

Pada bagian depan produk terdapat sensor untuk menangkap sinyal infra merah dari remote control. Di belakangnya terdapat port untuk menghubungkan TV tuner dengan antena, adaptor, kabel-kabel input, audio, VGA, dan monitor.

KWorld Blazing Orange TVBoxSebagai input video, perangkat ini menggunakan masukan S-Video, RCA, dan VGA. Adapter untuk menghubungkan konsol PlayStation dan Wii juga disediakan. Untuk keluaran, output D-Sub yang tersedia mampu menampilkan resolusi 800x600, 1024x768, 1280x1024, 1440x900, 1680x1050, serta 1920x1200. Kalau dibutuhkan, selain dapat dihubungkan dengan monitor CRT, LCD, ataupun plasma, pengguna juga bisa menghubungkan Blazing Orange TVBox pada proyektor yang memiliki input VGA. Untuk audio, tersedia input output stereo lewat mini jack 3,5 milimeter, gunanya agar produk ini dapat berfungsi sebagai speaker stereo.

KWorld Blazing Orange TVBoxAgar dapat digunakan, produk ini butuh pasokan daya dari catu daya listrik. Sayangnya, adaptor yang disertakan tidak sesuai dengan stop kontak yang umum digunakan di Indonesia, dan pada kemasan penjualan produk ini tidak disertai konverternya. Selain perangkat itu sendiri dan adaptornya, KWorld hanya menyertakan adapter untuk konsol PS2/PS3 dan Wii, kabel RCA, S-Video, kabel VGA dan mini stereo, manual, remote control, serta dudukan untuk menempatkan TV tuner dalam posisi berdiri. Remote control-nya sendiri menggunakan dua buah baterai AAA yang sudah disertakan.

Jika menilik harganya yang dijual di kisaran 60 dolar AS oleh distributornya Misuco Electronic (021-6018218), produk TV tuner eksternal ini memang jauh lebih mahal dibanding TV tuner eksternal biasa yang sama-sama tinggal dihubungkan langsung ke monitor yang biasanya dijual di kisaran harga 15-20 dolar. Tetapi dari sisi fitur, TV tuner eksternal pada umumnya hanya dapat menampilkan siaran televisi tanpa memiliki fitur aktivasi ataupun shutdown otomatis, pengambilan gambar, ataupun kemampuan memutar video dari player apalagi konsol game. Sayangnya, Anda perlu mengunjungi toko elektronik untuk membeli konverter bagi adaptornya sebelum dapat memanfaatkan produk ini.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Kelebihan: 
- Mendukung berbagai resolusi layar serta mendukung beragam perangkat pemutar video mulai dari VCR, DVD player, sampai konsol game.

Kekurangan:
- Perlu konverter tambahan untuk adaptor.
- Banyaknya kabel yang harus dihubungkan membuat produk ini tidak sepraktis instalasi produk TV tuner internal ataupun eksternal berbasis USB.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI
Ganjar dan Mahfud di MK

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo tak menghadiri penetapan Presiden-wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di KPU RI.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024