BBM Langka

Sistem Online BBM Mulai Normal Senin

VIVAnews - Guna mengantisipasi tersendatnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pertamina juga membuka delivery order (DO) dengan sistem kredit. Para pemilik SPBU bisa langsung membuka DO tanpa harus menyetor uang di bank tempat transaksi. Hal ini untuk mengantisipasi karena tidak beroperasinya perbankan yang melayani pembukaan DO sejak Jumat lalu.

Menurut Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Ferederick ST Siahaan mengatakan faktor lain yang menyebabkan terjadinya kelangkaan adalah tidak beroperasinya pelayanan transaksi perbankan karena libur akhir tahun. Untuk itu, sejak 2 Januari 2009 lalu, Pertamina sudah membuka order dengan sistem kredit.

"Berapapun kebutuhan, kredit SPBU bisa dikeluarkan sampai menunggu tanggal 5 Januari 2009 saat perbankan kembali beroperasi secara normal," kata dia dalam konferensi pers mengenak kelangkaan BBM di Depo Plumpang Jakarta Utara, Minggu 4 Januari 2009.

Ferederick menjelaskan, dengan sistem online ini maka berlaku mekanisme host to host pemilik SPBU membayar DO ke bank, kemudian pihak bank menerbitkan sales order dan Pertamina akan langsung melakukan pengiriman dari Depot BBM. Namun karena ada sedikit kendala teknis ditambah beberapa bank tutup maka DO itu menumpuk sejak tanggal 2 Januari.

"Selama ini transaksi DO BBM dilayani oleh 3 bank BUMN yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI serta satu bank swasta nasional yaitu BCA," kata dia. Namun, imbuh dia, pihaknya berjanji Mulai Senin, 5 Januari 2009, pelayanan online di Perbankan-perbankan tersebut sudah berjalan maksimal. Sehingga, tidak ada lagi keterlambatan pengiriman BBM akibat terhambatnya pembukaan DO.

Depo Plumpang sendiri melayani 20 persen kebutuhan BBM nasional yang berada di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Terkait kendala dalam sistem transaksi baru yang diterapkan sejak 2 Januari 2009 lalu, Frederick menjelaskan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sistem transaksi lama. Hanya saja dilakukan pembaharuan dari transaksi manual menjadi online.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!
Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024