100 Gempa Guncang Bali Dalam Sebulan

VIVAnews - Provinsi Bali termasuk daerah rawan gempa. Data Badan Meteorologi dan Geofisika, setiap harinya Bali mengalami gempa empat sampai lima kali, dengan kekuatan maksimal 5 skala Richter (SR). Total, setidaknya 100 kali gempa mengguncang Pulau Dewata itu dalam waktu sebulan.

Selama 2008, gempa paling sering terjadi pada November yakni 150 kali. Menurut Kepala Bagian Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika Wilayah III, Sutrisno gempa lebih banyak terjadi di Bali bagian selatan dibandingkan di utara.

Namun, kata dia, masyarakat tak perlu khawatir. “Getaran gempa di atas 100 dalam sebulan itu masih normal,” ungkap Sutrisno, Senin 5 Januari 2009.

Meski gempa tak bisa diprediksi datangnya, secara keseluruhan Bali dalam kondisi siap. Selain gempa, Sutrisno tak menampik Bali yang dikelilingi laut berpotensi tsunami. Apalagi, dua wilayah yang mengapit Bali seperti Banyuwangi dan Flores pernah terjadi tsunami. “Tak semua gempa potensi terjadinya tsunami. Ada syarat yang harus dipenuhi, antara lain kekuatan gempa di atas 7 SR, sifatnya vertikal, pusat gempa terjadi di laut, dan dangkal yaitu dengan kedalaman kurang dari 40 km,” urainya.

Sebagai langkah antisipatif, Badan Meteorologi mengeluarkan  peta seismifitas untuk mengetahui wilayah rawan gempa yang ada di Bali . “Dengan cara ini, kita bisa tahu wilayah mana yang rawan gempa sehingga ada antisipasinya,” ungkapnya.

Laporan : Wima Saraswati/Bali













Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur
Walikota Medan, Bobby Nasution.(dok Pemko Medan)

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Usai mengantongi surat penugasan dari DPP Partai Golkar, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution akan menjalin komunikasi dengan Partai NasDem da

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024