Boediono: Inflasi 2009 Akan Terus Menurun

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia menilai laju inflasi diperkirakan akan terus menurun pada 2009 berada di kisaran 5-7 persen.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, Boediono, tekanan inflasi terus menurun akibat turunnya harga komoditas dan perlambatan permintaan pasar dunia.

"Deflasi 0,04 persen pada Desember merupakan suatu yang jarang terjadi pada masa lalu," ujar Boediono. Pada Desember lalu, Badan Pusat Statistik mengumumkan untuk pertama kalinya sepanjang 2008, terjadi deflasi sebesar 0,04 persen.

Namun, Boediono mengingatkan mengacu pada indikator tersebut menunjukkan perekonomian Indonesia mungkin akan mengalami perlambatan.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Pemerintah memperkirakan ekonomi hanya akan tumbuh 4,5 - 5 persen pada tahun ini atau lebih rendah dibandingkan tahun lalu sebesar 6,2 persen.

Guna mengantisipasi perlambatan tersebut, bank sentral kembali menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 50 basis poin menjadi 8,75 persen.

PlayStation 5 bikin Sony Semringah
Ilustrasi cuaca panas.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Thailand mengeluarkan peringatan baru tentang cuaca panas ekstrem dimana pemerintah mengatakan sengatan panas telah menewaskan sedikitnya 30 orang tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024