Pele: Kaka di Atas Ronaldo

VIVAnews - Cristiano Ronaldo boleh saja tercatat sebagai Pemain Terbaik Eropa saat ini. Namun di mata Pele, sosok Ricardo Kaka mempunyai kelebihan di banding winger Manchester United itu.

Apa dasar penilaian Pele menetapkan Kaka di atas Ronaldo? Jawabannya yakni loyalitas. Menurut legenda sepak Brasil ini, loyalitas yang ditunjukkan Kaka pada AC Milan pantas dicontoh.

"Cristiano Ronaldo adalah pemain luar biasa, yang mengingatkan saya pada George Best. Saya juga menyukai Wayne Rooney. Namun, saya lebih memilih Kaka," ujar sosok bernama lengkap Edison Arantes do Nascimento ini kepada Daily Mail, Kamis, 8 Januari 2009.

"Beberapa tahun lalu, Madrid coba mendapatkan Kaka. Namun, dia dengan tegas menolak dan memilih Milan, saya suka itu. Mengapa kamu meninggalkan tim yang memperlakukan kamu dengan baik dan memenangkan banyak gelar?" beber Pele.

Legenda Brasil yang juga ditasbihkan sebagai pemain terbaik sepanjang masa bersama Diego Maradona ini, rupanya ingin menyerang sikap ragu-ragu yang ditunjukkan Ronaldo.

"Saya sungguh tidak senang seorang pemain sering berganti tim, dan selalu mencium kaos tim barunya. Dengan sikap seperti itu, seorang anak tentu bingung akan mendukung timnya atau sang pemain. Kita harus memperhatikan itu karena sepakbola akan mati tanpa cinta seorang anak (penggemar)," tambahnya.

Sosok Pele memang terbilang loyal dalam membela sebuah tim. Sepanjang karirnya sebagai pemain, Pele hanya membela dua klub, Santos dan New York Cosmos. Pria 68 tahun yang telah mempersembahkan tiga gelar Piala Dunia ini juga pernah diminati beberapa tim elit Eropa saat itu.

"Real, Manchester United dan Juventus menginginkan saya. Presiden Juventus bahkan menawarkan saham Fiat guna menggoda saya. Namun, saya memilih tinggal dengan tim yang selalu di hati, Santos," tutup Pele.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Hundreds of Buildings Affected by The Earthquake in West Sulawesi have been Renovated

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated 147 reconstruction buildings after the 6.2 magnitude earthquake hit West Sulawesi on last January (2021).

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024