Solusi Jaringan

Lebih Mobile dengan UC Versi 7

Cisco Systems hari ini mengumumkan update terbaru dari solusinya, Unified Communications System Release 7.0. Solusi ini diharapkan dapat menjawab tantangan perusahaan akan mobilitas karyawannya yang tinggi. Solusi berbasis efisiensi ini diperkenalkan untuk menyambut tren "kantor mobile" yang dikenalkannya dengan istilah workspace.
 
"Nantinya, akan muncul tren di mana karyawan dapat bekerja dari mana pun mereka berada, layaknya bekerja di meja kantor. Kolaborasi produk Cisco melalui solusi ini memungkinkan itu," ujar Prio Utomo, Direktur System Engineering Cisco Systems Indonesia, di Jakarta, Kamis 8 Januari 2009.
 
Ada beberapa fitur menarik yang belum pernah ditawarkan Cisco pada versi sebelumnya. Misalnya Cisco Unified Mobile Communicator, yakni perpanjangan fitur unified communications seperti panggilan dari kantor, absensi, dan pencarian daftar kontak korporat ke pekerja mobile.
 
Dan, yang tak kalah menarik adalah Cisco Unified Meeting Place dan WebEx. Di samping memotong biaya panggilan karena komunikasinya berbasis IP (Internet Protocol), fitur ini juga mendukung komunikasi antarmuka hingga 72 partisipan (dengan perangkat keras Cisco Unified Videoconferencing 3545).
 
"Konferensi jarak jauh dan komunikasi antarmuka dapat dimungkinkan antara telepon berteknologi VoIP atau IP Phone dengan ponsel jenis apapun yang dilengkapi SIP Phone, perangkat yang menjembatani ponsel ke suatu jaringan (IP)," jelas Hari Mulyadi, salah seorang system engineer Cisco Systems Indonesia di tempat yang sama.
 
Dengan pembaruan teknologi jaringan pada versi 7, Cisco menyasar solusinya tersebut ke segmen enterprise. "Pada versi-versi sebelumnya, solusi kami diadopsi kebanyakan perusahaan pertambangan, bank, dan finansial," kata Prio.
 
Lebih lanjut, Prio mengatakan, klien yang ada saat ini (existing user) dapat mengupgrade teknologinya dengan versi terbaru dari Cisco bila mereka memiliki software subscrition dan software upgrade.
 
"Untuk perangkat keras, bagi perusahaan yang mengadopsi versi 6 tidak perlu memperbarui perangkatnya. Sedangkan, bagi yang mengadopsi versi 6 ke bawah, ada baiknya untuk memperbarui beberapa perangkat lamanya," ujar Hari.
 
Di samping itu, menurut Hari, karena solusi ini berbasis open system, perusahaan disediakan platform untuk pengembangan aplikasi baru yang dibuat sesuai kebutuhannya.
 
Versi penuh Unified Communications System Release 7.0 dipasarkan dengan harga sekitar US$ 180.000 atau setara Rp 1,9 miliar. "Bila perusahaan mengadopsi beberapa aplikasi yang dibutuhkan saja, perkiraan harganya tidak sampai segitu," kata Hari. Sayangnya, pihak Cisco enggan memaparkan seberapa besar potential market untuk solusi ini dan target yang ingin dicapainya.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024