Pertamina Tak Mampu Distribusikan BBM

VIVAnews - Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia menilai PT Pertamina sudah tidak mampu mendistribusikan bahan bakar minyak lagi. Kelangkaan BBM yang sering terjadi menjadi salah satu alasan kegagalan itu.

Ketua Umum Ardin Bambang Soesatyo mengatakan, sudah waktunya dilakukan kajian menyeluruh atas beban tugas dan kemampuan Pertamina melaksanakan tugas distribusi BBM. "Kelangkaan bensin, minyak tanah, dan elpiji yang berulang menjadi bukti Pertamina mulai keteteran melayani wilayah kerja yang seluas," katanya kepada VIVAnews melalui pesan singkat, Jumat 9 Januari 2008.

Bambang yang juga sebagai pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengatakan, kelangkaan BBM akhir-akhir ini sulit dipahami. Pertamina sangat berpengalaman soal distribusi BBM di dalam negeri. "Bisa disimpulkan ada kerusakan parah pada sistem distribusi," katanya.

Berbeda dengan kelangkaan elpiji, dalam kasus ini Pertamina terlihat kurang persiapan. Sedangkan pemerintah tetap meminta Pertamina melakukan konversi minyak tanah ke elpiji. "Ini bisa dimaklumi," katanya.

Karena itu, Ardin mendesak Pertamina bisa terbuka dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Pertamina bisa menyerap pendapat para pakar. 

Pada aspek distribusi, selain sistem yang harus diperbarui, Pertamina perlu memperluas kerja sama dengan berbagai elemen. Selama ini, Bambang mengatakan, publik menilai Pertamina tidak mau bekerja sama dalam mendistribusikan BBM. "Ardin Indonesia siap menjalin kerja sama dengan Pertamina dalam mengamankan distribusi BBM dan elpiji," katanya.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024