Audit Dana Kampanye Pemilu 2009

KPU & Ikatan Akuntan Bentuk Tim Teknis

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sepakat membentuk tim teknis untuk menyusun pedoman pelaporan dana kampanye, pedoman audit dana kampanye dan pedoman sosialisasinya. Tim akan bekerja sampai 15 Januari 2009 ini.

Kesepakatan itu terjalin dalam rapat yang digelar hari ini, Jumat, 9 Januari 2009, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Rapat itu membahas dua hal, pertama, membahas pedoman pelaporan dana kampanye dan kedua, pedoman auditnya.

Dalam pertemuan itu, IAI juga memberi masukan mekanisme pelaporan dan pencatatan akuntansi yang sederhana, sistematis dan akuntabel. Prosedur yang disepakati adalah, Dewan Pengurus Daerah dan Wilayah partai melaporkan dana kampanye ke Dewan Pengurus Pusat partai. Calon legislator juga harus melaporkan dana kampanyenya ke partai. "Kemudian partai yang melaporkan ke KPU," kata Ketua KPU, Abdul Hafiz Anshary.

Namun mengenai audit, KPU dan IAI belum bertemu modelnya. Namun satu hal disepakati, audit akan ditangani Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD
VIVA Militer: Serangan udara militer Israel ke basis Iran

Drone Israel Berhasil Ditembak Jatuh, Pangkalan Militer Iran jadi Sasaran

Israel membuktikan ancamannya dengan melakukan aksi serangan balas dendam ke Iran. Sejumlah lokasi termasuk pangkalan militer angkatan udara jadi sasaran.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024