Dibolehkan, Belajar-Mengajar di Balik Penjara

VIVAnews - Penjara bukan lagi tempat mengerikan. Para narapidana bahkan bisa mengikuti kegiatan kuliah atau memberikan kuliah di balik jeruji. Seperti yang dilakukan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri yang masih tetap memberikan bimbingan skripsi untuk mahasiswanya.

"Pak Rohmin itu kan masih tercatat sebagai Dosen Institut Pertanian Bogor. Kami tidak membatasi potensi seseorang. Jadi, kalau ada mahasiswanya dia yang meminta bimbingan skripsi itu boleh-boleh saja dan tidak ada larangan," kata Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan, Untung Sugiono dalam acara Peluncuran Model Konseling Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Hotel Atlet Century, Jakarta, Selasa 13 Januari 2009.

Tak hanya Rokhmin yang diberi lampu hijau. "Kalau memang ada yang seperti itu dan apalagi ini bermanfaat, kenapa tidak dilaksanakan [di lapas lain]," tambah Untung.

Hampir di seluruh Lapas telah memiliki sekolah pembinaan untuk para napi yang disebut programkegiatan belajar mengajar (PKBM). PKBM memiliki paket A untuk yang tidak lulus SD, paket B untuk yang tidak lulus SMP, dan paket C untuk yang tidak lulus SMA.

Di Lapas Cipinang, selangkah lebih maju. Bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, kuliah hukum bisa diikuti narapidana dan pegawai lapas. Lapas Bekasi dan Lapas Yogyakarta juga sudah meluluskan alumni Diploma III dan Strata I.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa
Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunggah foto bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024