Januari, BEI Tak Lelang Saham Anggota Bursa

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menunda penjualan saham anggota bursa (AB) melalui lelang pada Januari 2009. Penundaan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan calon anggota bursa.

Direktur Perdagangan Fixed Income dan Derivatif, Keanggotaan, serta Partisipan BEI, Guntur Pasaribu, mengatakan, otoritas tidak menggelar lelang AB yang semestinya dijadwalkan pada Januari 2009.

Selain menunggu kesiapan AB, lanjut dia, BEI juga masih fokus menghadapi kondisi AB saat ini. "Kami masih mengkaji untuk lelang berikutnya. Waktu pelelangan akan diumumkan setelah pengkajian selesai," kata dia di gedung bursa efek, Jakarta, Selasa 13 Januari 2009.

Guntur menambahkan, hingga saat ini belum ada nama calon anggota bursa baru, selain empat calon yang sudah ikut sejak lelang pertama.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Sebelumnya, empat perusahaan efek lokal berminat mengikuti lelang penjualan dua saham AB, PT Patalian Water Securindo dan PT United Asia Securities.

Empat perusahaan efek itu sudah lama berminat menjadi anggota bursa dan telah mengajukan permohonan secara tertulis kepada BEI. Perusahaan efek baru diizinkan mengikuti lelang, jika memiliki persyaratan lengkap dan layak menjadi calon pemegang saham bursa efek.

Persyaratan lelang yang harus dipenuhi perusahaan efek di antaranya telah berizin sebagai perantara pedagang efek dan atau penjamin emisi efek dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Selain itu, perusahaan efek memiliki sumber daya manusia (SDM) dan modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) yang memenuhi aturan pasar modal.

Dia mengakui, pihaknya juga belum mempertimbangkan untuk menurunkan harga saham AB. Sebelumnya, harga saham AB ditawarkan BEI senilai Rp 5 miliar.

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan
Ilustrasi lokasi pembacokan.

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian

Seorang siswa SMP di Depok, Jawa Barat, menjadi korban begal. Korban dibacok di bagian punggung hingga luka sobek parah. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk me

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024