Harga BBM Turun

Tarif Baru Angkutan Berlaku 15 Januari

VIVAnews - Departemen Perhubungan akan secepatnya memberlakukan tarif baru saat harga BBM turun, pada 15 Januari mendatang.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan Joko Sulaksono mengatakan, formulasi perhitungan penyesuaian tarif telah ada. "Saat harga BBM turun, tarif transportasi baru telah ada," ujar Joko kepada VIVAnews di kantornya, Jakarta, 13 Januari 2009. 

Menurut Joko, dalam menentukan formulasi tarif transportasi, pemerintah melibatkan semua komponen yang berkaitan, asosiasi pengusaha maupun masyarakat yang diwakili Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

Harga BBM merupakan salah satu faktor yang menentukan tarif transportasi dengan persentase 30 persen. Beberapa komponen lain yang mempengaruhi tarif transportasi antara lain penyusutan kendaraan dan suku cadang.

Departemen segera menerapkan tarif baru pada bus antarkota antarprovinsi ekonomi. Sedangkan AKAP eksekutif menggunakan mekanisme pasar. Adapun penetapan tarif angkutan dalam kota, Departemen akan berkoordinsi dengan Dinas Perhubungan setempat. 

Setelah tarif yang baru berlaku, pengawasannya akan dilakukan pemerintah bersama masyarakat. Joko meminta masyarakat mengadukan perusahaan transaportasi yang tak mengindahkan ketentuan tersebut. "Kalau diperlukan akan ada inspeksi mendadak," ujar dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024