"Pengajuan Perpu Berlebihan"

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum mengusulkan adanya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang terkait pemutakhiran data pemilih. Alasannya, masih ada beberapa kalangan yang seharusnya menjadi pemilih tapi tak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat,  Anas Urbaningrum, daftar yang terdiri dari 170 juta pemilih, sudah cukup representatif, dibandingkan jumlah penduduk Indonesia sekitar 220juta. ”Kalau angka itu (Daftar Pemilih Tetap) akurat,” kata Anas usai Jumpa Pers di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa, 13 Januari 2009.

Karena itu, dia meminta Komisi mengevaluasi secara cermat, apakah Perpu pemutakhiran data pemilih, layak. Komisi juga perlu menimbang apakah data yang ada lebih mendekati atau jauh darisempurna. ”Mengharapkan seratus persen pemilih masuk DPT, tidak mungkin,” kata Anas.

Dia meminta Komisi konsisten. Sebab, sebelumnya, Komisi pernah menetapkan DPT tidak sempurna, lantas mengubahnya. ”Kalau pemilih yang tidak terdaftar itu jumlahnya tidak signifikan yang bisa pengaruhi hasil pemilu, pengajuan Perpu itu berlebihan,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Anggota Komisi, Andi Nurpati Baharuddin mengatakan Perpu itu sangat dibutuhkan. ”Dari informasi KPUD, ada beberapa pemilih yang belum masuk DPT, padahal dia
mempunyai hak pilih, itulah yang dinamakan pemeliharaan pemilih,” katanya.

Menurut dia, jika Perpu tersebut dikabulkan, pemutakhiran pemilih akan dilakukan sebelum pencetakan surat suara pada akhir Januari 2009. Sebab, masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT sudah lapor ke KPU kabupaten/kota. ”Ketika Perpu disahkan, KPUD kabupaten atau kota tinggal merekap ulang jumlah pemilih yang belum terdaftar saja,” kata Andi.

Dia menambahkan, desakan untuk memutakhirkan data pemilih itu juga datang dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024