Ponsel Dual On

Ponsel PDA Dual On Pertama Mito

Mito hari ini menambah jajaran ponselnya dengan meluncurkan ponsel PDA perdananya, Mito 9000 Power Duo. Ponsel PDA ini diklaimnya sebagai ponsel PDA berteknologi dual-on GSM pertama di Indonesia.

"Fitur dual-on ini membuat PDA bekerja pada dua kartu SIM yang berbeda. Satu SIM memiliki quad-band (850/900/1800/1900 MHz) yang dapat mengakses GPRS class 10 sehingga memungkinkan conference call, call waiting, dan 3-way call. Sementara SIM lain hanya bekerja pada dual-band (900/1800 MHz)," ujar Hansen Lie, dalam keterangan persnya, Selasa 13 Januari 2009.

Fitur menarik lainnya adalah sistem operasi yang diadopsi, yakni Windows Mobile 6.0. Mito mengklaim bahwa ialah vendor ponsel lokal pertama yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile.

"Kerja sama kami dengan Microsoft kemungkinan akan terus berlanjut, tak hanya sebatas melahirkan ponsel dual mode GSM-GSM, tetapi juga GSM-CDMA, meskipun masih dalam tahap perencanaan," kata Shirley Imanata, marketing manager Mito Mobile, di sela-sela peluncuran Mito 9000 Power Duo di Jakarta, kemarin.

Sementara itu, Dedy Kristiadi, perwakilan dari Microsoft Indonesia menjelaskan, kerja sama Microsoft dan vendor ponsel mencakup piranti keras dan desain. "Nilai kerja samanya relatif, tiap vendor, tiap produk, nilainya berbeda-beda. Tergantung spesifikasi memori, chip, komponen baterai, kamera, maupun teknologi layar sentuh yang digunakan," kata Dedy, yang enggan memaparkan seberapa persen biaya lisensi WM untuk satu unit ponsel PDA seharga Rp 4,5 juta ini.

Fitur unik lain yang layak dipertimbangkan adalah aplikasi push-mail, yang didukung Direct Push Technology besutan Microsoft. "Dengan fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan push-mail secara real time layaknya SMS. Fitur ini sangat mendukung para pebisnis dan mereka yang bermobilitas tinggi," ujar Shirley.

Terkait segmen pasarnya, ponsel PDA Mito akan disasarkan bagi komunitas PDA yang pangsanya terbilang kecil. "Pasar PDA memang kecil. Karena itu, kami membidik sejumlah komunitas PDA yang saya sendiri tidak tahu persis berapa besar pangsanya, mungkin sekitar ratusan ribu," kata Shirley, yang memperkirakan 95 persen di antaranya di kota-kota besar Pulau Jawa.

Namun demikian, Mito tetap optimistis dapat menjual sekitar 2.000 unit Mito 9000 dalam satu bulan ke depan.

"Pertumbuhan PDA stabil, bahkan untuk beberapa perangkatnya yang berbasis Windows Mobile diperkirakan tumbuh 10 hingga 15 persen pada tahun ini," kata Dedy.

Menurut kabar terakhir, pangsa pasar ponsel PDA di Indonesia mencapai 15 persen dari 21 juta pengguna, kurang lebih sekitar 3,1 juta pengguna. Sehingga, menurut Dedy, ada kemungkinan tumbuh menjadi 3,7 juta pengguna di penghujung tahun 2009.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024