Subsidi KPR Rp 2,5 Triliun

Dana KPR 2009 Bakal Melonjak Tiga Kali Lipat

VIVAnews - Pendanaan sektor perbankan untuk kredit kepemilikan rumah 2009 naik tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Subsidi KPR sebesar Rp 2,5 triliun diperkirakan akan meningkatkan kredit perbankan menjadi Rp 15 triliun.

Kenaikan subsidi yang signifikan, menurut ketua DPP Real Estate Indonesia (REI), Teguh Satria merupakan peluang dan tantangan bagi perbankan nasional. Sebab, BTN yang menguasai pangsa pasar hingga 95 persen tak bisa menyediakan dana pinjaman dalam jumlah besar.

"Dengan subsidi KPR Rp 2,5 triliun, BTN harus punya dana Rp 13 triliun," katanya di Jakarta, Rabu, 14 Januari 2009. Padahal, kemampuan BTN maksimum hanya bisa menyediakan pinjaman untuk perumahan Rp 6 triliun. "Siapa yang akan menyerap sisanya?"

Untuk itu, menurut dia, perbankan nasional harus ikut memberi kredit perumahan bersubsidi.

Sekretaris Kementerian Negara Perumahan Rakyat Iskandar Saleh mengatakan selain memberikan subsidi, pemerintah juga akan memberikan pembiayaan perumahan. Namun, karena itu berupa pinjaman, perhitungan bunga dan tenor perlu dibahas lebih lanjut.

"Kalau kami maunya bunga sesuai pasar dan tenornya sama dengan tenor KPR, 15 tahun misalnya," kata Iskandar. Soal mekanismenya, pihaknya akan tunduk pada Departemen Keuangan apakah melalui perbankan atau Badan Layanan Umum (BLU).

Kejagung Bantah Kabar Pembukaan Blokir Rekening Harvey Moeis
Ilustrasi membersihkan wajah

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Wajah kamu mengalami kekusaman dan hal tak menyenangkan, Yuk, cari tahu apa saja rekomendasi produk perawatan kulit yang bisa digunakan? Berikut daftarnya!

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024