Krisis Perusahaan IT

Motorola Pecat Lagi 4000 Karyawan

VIVAnews - Perusahaan telekomunikasi terkemuka, Motorola Inc., Rabu 14 Januari 2009 mengumumkan akan memecat lagi 4.000 karyawan di tahun ini. Pemecatan tersebut dapat menghemat anggaran hingga US$ 700 juta per tahun mulai 2009.

Oktober 2008 lalu, Motorola juga telah memecat 3.000 karyawan secara bertahap sampai April mendatang. Bila dihitung sejak 12 Desember 2007, total pekerja yang sudah dan akan meninggalkan perusahaan berjumlah 12 ribu orang. Selain pengurangan karyawan, upaya lainnya adalah membekukan rencana pensiun dan mengurangi gaji pemimpin top perusahaan.

Tindakan PHK di unit bisnis peralatan telepon seluler ini merupakan upaya terbaru Motorola guna menekan biaya agar tetap bisa mempertahankan bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Dengan langkah itu, secara total Motorola mampu menghemat biaya perusahaan secara keseluruhan hingga US$ 1,5 miliar.

"Tindakan yang kami ambil ini akan memberi kesempatan bagi kami untuk mengurangi biaya struktural dan memungkinkan kami meningkatkan performansi finansial pada 2009," kata wakil pemimpin eksekutif Motorola, Sanjay Jha.

Perusahaan yang berbasis di Illinois, Amerika Serikat (AS) ini, kemarin juga memperkirakan penerimaan kuartal keempat akan berada di kisaran US$ 7 - 7,2 miliar, mengacu pada rendahnya permintaan konsumen.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Analis dari Charter Equity Research, Edward Snyder berpendapat, Motorola sebenarnya telah jatuh sejak 2006 silam ketika menjadi produsen handset nomor dua, setingkat di bawah Nokia Corp. Saat ini, Motorola sedang bersaing dengan Sony Ericsson untuk memperebutkan posisi kelima.

Jajaran produk terbaru yang sudah disiapkan Motorola adalah MotoSurf A3100, ponsel serupa iPhone dengan layar sentuh. Ponsel itu diperkenalkan pada ajang CES Las Vegas, minggu lalu. Meski Motorola belum berhasil mendapatkan partner operator, tetapi mereka yakin bahwa mulai Maret, produk tersebut akan beredar di Asia dan Amerika Latin.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Motorola juga mengungkapkan akan fokus pada tiga sistem operasi untuk produknya. Adapun OS itu adalah Windows Mobile dari Microsoft, P2K yang merupakan sistem operasi buatan sendiri seperti yang digunakan di seri Razr, dan Android, sistem operasi gratis dari Google Inc. (AP)

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024