Bugar Dengan Dumbel

VIVAnews - Kebanyakan wanita enggan melakukan latihan beban, karena takut hasil dari olahraga itu adalah memiliki otot lengan yang kekar. Padahal, menurut Dennis Wilson, Ed.D, kepala departemen kesehatan dan olahraga di Auburn University, “Satu set dumbel yang bebannya sesuai dengan kemampuan, selain praktis, gerakan-gerakan olahraga yang menggunakan dumbel bermanfaat untuk kebugaran tubuh”.

Perlu diingat, berat dumbel untuk pemula sebaiknya yang ukuran 2 kg. Ingin tahu, apa saja manfaatnya?

1. Dumbel mengencangkan otot tubuh bagian atas. Mungkin Anda hanya mengira, dumbel hanyalah untuk latihan otot-otot lengan (bicep curl) saja, padahal latihan beban dapat juga mengencangkan otot dada, punggung, dan perut.

2. Dumbel meningkatkan kekuatan. Dumbel membantu Anda melakukan jenis gerakan yang beragam. Ini penting untuk pertumbuhan otot. Jika Anda memegang dumbel di masing-masing tangan, Anda dapat menurunkan beban dengan lebih rendah lagi pada setiap pengulangan. Dengan demikian melibatkan lebih banyak otot dan memicu perkembangannya.

3. Latihan dumbel menyehatkan jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan, latihan beban dapat menurunkan tekanan darah dan secara tidak langsung menguatkan jantung. “Kami menemukan manfaat  latihan beban yang lain, seperti perbaikan sel-sel tubuh dan meningkatkan penyerapan oksigen,” ujar Dennis.

4. Dumbel memperbaiki ketidakseimbangan otot. Dumbel dapat membantu mendeteksi ketidakseimbangan kekuatan yang mungkin terjadi sewaktu olahraga, terutama saat menggunakan alat fitnes. Dengan dumbel, saat melakukan gerakan, bagian tubuh lemah, otomatis mendikte beban yang akan diangkat, dan memastikan bahwa kedua sisi tubuh terlatih dengan seimbang.

5. Dumbel mengurangi risiko cedera. Dengan dumbel, Anda dapat menahan dengan satu tangan, dan seluruh latihan terfokus pada bagian yang sedang dituju, sehingga bisa menghindari cedera.   

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Nikita Mirzani bercerita mendapatkan kekerasan baik secara fisik maupun mental dari sang mantan kekasih.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024