Insentif Pajak Otomotif

Buah Simalakama Bagi Lalu Lintas Jakarta

VIVAnews - Rencana pemerintah memberikan insentif bagi industri otomotif membuat resah Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Usulan itu otomatis akan menggairahkan industri otomotif.

"Ini tetap seperti buah simalakama," kata Gubernur kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 16 Januari 2009.

Di satu sisi industri otomotif bergairah. Di sisi lain, Jakarta harus menanggung dampak dari pertumbuhan kendaraan yang semakin tak terkendali. Selain lalu lintas yang semakin macet, pertumbuhan kendaraan juga mengakibatkan kadar polusi bertambah.

Bagaimanapun, Gubernur siap melaksanakan kebijakan dari pemerintah. "Ada tidak adanya kebijakan itu, tetap menjadi kewajiban buat saya untuk meningkatkan intensifikasi atau ekstensifikasi pajak itu sendiri," kata dia.

Pendapatan Asli Daerah DKI Jakarta tahun 2008 mencapai Rp 8,4 triliun. Sumbangan terbesar berasal dari pajak kendaraan bermotor sebesar Rp 5,5 triliun. Target tahun 2009 diharapkan PAD meningkat menjadi Tp 9,3 triliun. Pendapatan pajak kendaraan pun ditargetkan meningkat menjadi Rp 2,8 triliun dan dari biaya balik nama kendaraan bermotor Rp 3,067 triliun. 

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024