Hormon Testosteron Pengaruhi Sifat Autis

VIVAnews -- Bayi yang terekspos hormon testosteron (hormon pria) dalam kadar yang tinggi selama dalam kandungan, memiliki resiko lebih tinggi untuk punya kecenderungan sifat autis.

Kesimpulan itu ditemukan oleh para ilmuwan dari Cambridge University yang meneliti hubungan antara kadar testosteron janin pada cairan amnion (ketuban) 235 responden wanita hamil.

Hasil penelitian mengatakan bahwa bayi (baik perempuan maupun laki-laki) yang saat janin memiliki kadar testosteron tinggi memiliki kemampuan bersosialisasi minim, kurangnya imajinasi dan empati, namun memiliki tingkat perhatian serta detil memori yang tinggi.

Namun, riset ini tidak mencari tahu hubungan tingginya kadar testosteron janin dengan diagnosis klinis terhadap penyakit autisme yang sebenarnya, atau biasa disebut dengan Asperger Syndrome.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Pasalnya, anak-anak yang ditelilti adalah anak-anak normal yang hanya punya kecenderungan sifat autis.

Menurut Professor Simon Baron-Cohen Kepala riset ini, semua orang punya kecenderungan autis pada kadar yang berbeda. Hal itu, sama seperti masing-masing orang yang memiliki tinggi badan yang khas.

Simon mengatakan bahwa riset itu pengembangan dari studi sebelumnya, yang menemukan hubungan antara kadar testosteron pada janin, dengan sedikitnya kontak mata pada anak itu, perkembangan bahasa yang lambat, serta kesulitan dengan masalah empati.

Ide awal penelitian ini, menurut Simon, didasari oleh dua pilihan otak manusia, apakah dia berusaha berempati kepada orang lain, atau ia berusaha mengerti bagaimana sistem bekerja.

Wanita biasanya termasuk pada kelompok pertama sementara pria berada di kelompok kedua. Dengan demikian, teori yang mengatakan bahwa autisme adalah versi ekstrim dari 'otak pria' kembali mendapat pijakan yang kuat dari penelitian ini.

"Kadar testosteron pada janin tak hanya membuat tubuh bayi menjadi lebih maskulin, tapi juga membuat pikiran bayi menjadi lebih maskulin," ujar Simon.

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024